Menu

Berkas Perkara Cabul Tersangka Salah Satu Warga di Siau Barat Dilimpahkan ke Pengadilan

  Dibaca : 79 kali
Berkas Perkara Cabul Tersangka Salah Satu Warga di Siau Barat Dilimpahkan ke Pengadilan

IPSITARO — Tak hampir seminggu proses pemberkasan kasus tindak pidana persetubuhan terhadap anak dengan tersangka AD alias Duri warga salah satu kelurahan di Siau Barat, telah dirampungkan oleh Unit Reskrim Polsek Siau Barat, Kabupaten Sitaro.

Kepada Indo Post Kanit Reskrim Polsek Siau Barat Iptu Rilove Baliung, mengatakan, proses pemberkasan perkara telah diserahkan ke pihak Kejaksaan Negeri Kepulauan Sitaro.

“Kasusnya sudah masuk tahap satu, dan Sabtu kemarin kita telah menyerahkan berkasnya di kejaksaan,” kata Baliung.

Lebih lagi eks Kapolsek Tagulandang ini mengatakan, saat ini pihaknya tinggal menunggu hasil telaah dari Kejaksaan terkait kelengkapan berkas yang telah diajukan.

“Proses telaahnya empat belas hari, dan jika tidak ada yang kurang maka itu artinya berkas telah P21 dan perkara siap disidangkan,” tuturnya.

Dikonfirmasi soal keberadaan tersangka AD, dia mengatakan, saat ini masih ditahan di Mapolsek Siau Barat, karena masih berstatus tahan polisi.

“Jika berkasnya telah P21, maka tersangka akan kita serahkan ke pihak kejaksaan, karena perkara telah tahap dua dan secara otomatis tersangka akan jadi tahanan Kejaksaan, sehingga kemungkinan akan dititip di Lapas Ulu Siau,” terangnya.

Dan terkait dengan pasal yang disangkakan, sambung dia, tersangka kita jerat dengan pasal 81 ayat (2) UU No. 17 Tahun 2016, perubahan kedua atas Undang-Undang nomor 32 tahun 2002 tentang Perlindungan anak.

“Ancaman kurungan, lima belas tahun penjara,” kuncinya.

Sekadar diketahui, kasus persetubuhan terhadap anak ini terjadi pada Kamis 30 April 2020 sekitar pukul 10.00 Wita, di kamar rumah tersangka AD alias Duri di salah satu kelurahan di Kecamatan Siau Barat, dengan korban Jingga (6) -disamarkan- yang juga adalah tetangga tersangka.

***Gustap Pansing

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional