Menu

Dinkes Lokalisir Daerah Rawan DBD

  Dibaca : 41 kali
Dinkes Lokalisir Daerah Rawan DBD
PELAYANAN : Waspada DBD Dinkes lakukan edukasi pola hidup bersih dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Fogging, Abatisasi, dan Layanan Kesehatan untuk Antisipasi Terjadi Kematian

BOROKO — Wilayah-wilayah yang terdampak peningkatan penularan penyakit demam berdarah dengue (DBD) di saat musim penghujan bakal meluas. Hal ini sebagaimana yang dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmut dr Jusnan Mokoginta MARS, kemarin.

Menurutnya antisipasi terhadap penyakit DBD yang nantinya berujung pada kematian terhadap para penderita terus menjadi perhatian serius Dinkes Bolmut. Untuk itu, kata Jusnan, pihaknya langsung melokalisir seluruh daerah yang ada di Kabupaten Bolmut untuk melakukan pencegahan.

“Terbukti dari lokalisir yang kami lakukan di seluruh wilayah Bolmut, selang bulan Januari-Juni 2020 sedikitnya ada enam titik yang kami temukan positif DBD. Untuk itu kami langsung memberikan penanganan pelayanan kesehatan secara instentif kepada penderita dan melakukan penyemprotan serta abatisasi,” kata Jusnan.

Lanjutnya, selain melakukan penyemprotan (foging) dan abatisasi, untuk melakukan pencegahan, Dinkes Bolmut juga melaksanakan berbagai kegiatan solisialisasi dan penyuluhan terhadap pencegahan terhadap bahaya penyakit DBD kepada masyarakat setempat.

“Tahun ini kasus DBD di Bolmut menurun drastis. Tercatat untuk tahun 2019 Dinkes Bolmut menemukan 19 kasus, sedangkan untuk Januari-Juni 2020, baru 6 kasus,” ungkapnya.

Ditambahkannya perubahan musim yang tidak menentu membuat masyarakat harus selalu waspada terhadap penyakit-penyakit yang diakibatkan oleh kondisi lingkungan. Apalagi pada saat musim penghujan sekarang ini yang masih melanda wilayah Bolmut.

“Dari sisi perjalanan alamiah ada beberapa penyakit yang memang terkadang akan muncul pada saat musim-musim tertentu, salah satu contoh adalah penyakit DBD yang harus kita waspadai saat curah hujan mulai sering turun seperti pada saat-saat sekarang ini,” tutup Jusnan.(pju)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional