Menu

Gubernur Definitifkan 6 Plt Eselon II

  Dibaca : 88 kali
Gubernur Definitifkan 6 Plt Eselon II
DISETUJUI: Gubernur menyaksikan penandatangan berita acara pelantikan oleh perwakilan pejabat yang dilantik, Karo Hukum Flora Krisen. Tampak para pejabat yang diambil sumpahnya.

Tumiwa Dipercayakan ‘Benahi’ SDM ASN Pemprov

MANADO — Cukup lama ditunggu, akhirnya persetujuan Mendagri atas usulan mutasi dan pengisian jabatan kosong Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) atau eselon II Pemprov Sulut terbit. Surat bernomor 821/4092/SJ tertanggal 16 Juli 2020 itu memuat tujuh nama pejabat yang memenuhi syarat dilantik.

Sehingga berdasarkan surat yang ditandatangani Mendagri M. Tito Karnavian itu, serta rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), sehingga Gubernur Olly Dondokambey menerbitkan SK Nomor 821.2/BKD/SK/30/2020 tanggal 21 Juli 2020 untuk menetapkan nama-nama tersebut. Gubernur pun melantik dan mengambil sumpah tujuh pejabat tersebut, Rabu (22/07/2020), di Ruang F.J. Tumbelaka Kantor Gubernur.

Mereka yang dilantik itu antara lain Drs. Marhaen Roy Tumiwa MPd, yang menyandang rekomendasi KASN Nomor B-1838/KASN/6/2020 tanggal 26 Juni 2020,  dilantik sebagai Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulut. Tumiwa sebelumnya menjabat Kepala Dinas Kehutanan Sulawesi Utara.

Sedangkan enam pejabat lainnya, sesuai rekomendasi KASN Nomor B-1782/KASN/6/2020 tanggal 23 Juni 2020, selama beberapa bulan ini adalah pejabat pelaksana tugas (Plt) di perangkat daerah yang kini dipimpinnya.

Enam orang Plt yang akhirnya didefinitifkan itu adalah Drs. Fransiskus Maindoka, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, yang sebelumnya adalah Sekretaris ESDM sekaligus Plt Kadis.

Ir. Tieneke Adam, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, sebelumnya adalah Kabid Perikanan Tangkap merangkan Plt. Kadis Kelautan dan Perikanan; Dantje Lantang SPt Msi, Kepala Biro Administrasi Pimpinan, sebelumnya Kabag Penyiapan Materi Komunikasi Pimpinan dan Plt Kepala Biro Adpim; DR. Flora Krisen sebagai Kepala Biro Hukum, sebelumnya  menjabat sebagai Kepala Bagian Peraturan Perundang-undangan dan Plt Karo Hukum; Abdulah Mokoginta sebagai Kepala Biro Administrasi Pembangunan, sebelumnya merupakan Kepala Bagian Pelaporan Pelaksanaan Pembangunan sekaligus Plt. Karo Administrasi Pembangunan; Chrestodarma Sondakh SH, dilantik sebagai Kepala Biro Organisasi. Sondakh sebelumnya menjabat Kepala Bagian Tatalaksana Biro Organisasi sekaligus Plt. Karo Organisasi.

Dalam sambutannya, Gubernur Olly Dondokambey mengatakan pejabat yang dilantik hendaknya bekerja dengan penuh dedikasi sehingga capaian baik Pemprov Sulut bisa dipertahankan.

Ia menjelaskan, tahapan yang harus dilalui untuk menjadi kepala SKPD antara lain seleksi asesmen berupa tes tertulis, makalah, wawancara panitia, dan wawancara terakhir oleh dirinya. “Pemilihan kepala SKPD juga mempertimbangkan pengembangan karier pejabat,” katanya.

Gubernur juga menegaskan pejabat yang baru dilantik  meningkatkan integritas agar amanah menjalankan tugas berjalan dengan baik. “Karena harapan masyarakat kepada pemerintah adalah pemerintah ada untuk melayani bukan untuk membebani masyarakat,” tukas Gubernur.

Meski telah mendefinitifkan enam pejabat Plt., namun masih ada tiga SKPD yang hingga kini masih dijabat Plt. Yakni Dinas Kebudayaan Daerah, Dinas PUPR Daerah, dan Biro Ekonomi Setda. Demikian juga Dinas Kehutanan dipastikan akan dipegang Plt. setelah Roy Tumiwa mengisi Kepala BPSDM yang sebelumnya juga dipegang Plt.

Sementara Sekdaprov Sulut Edwin Silangen, khususnya yang baru dilantik, mengingatkan para pejabat untuk memiliki integritas dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab yang dipercayakan pimpinan dalam mengelola suatu instansi.

“Kuncinya, pejabat eselon itu patut memiliki integritas yang tinggi terhadap tugas dan tanggutanggungjawab yang dipercayakan pimpinan,” ujar Sekdaprov Silangen di Kantor Gubernur, Rabu (22/07/2020) siang.

Selain itu, tambah Silangen, pejabat yang bersangkutan harus membuktikan kemampuan manajerial yang hebat dalam mengelola instansi yang dipimpinnya.(baz)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional