Menu

Jalan Amblas dan Jembatan Ambruk di Bolsel Segera Diperbaiki

  Dibaca : 70 kali
Jalan Amblas  dan Jembatan Ambruk di Bolsel Segera Diperbaiki
DAMPAK BANJIR: Tampak Anggota Komisi V DPR RI Hi Herson Mayulu SIP dan Kepala BPJN Sulut Ir Agung Hari Prabowo MT didampingi Kadis PUPR Bolsel Tedi Manika saat meninjau jalan amblas dan jembatan jebol.

BOLSEL — Jalan amblas dan Jembatan ambruk akibat banjir yang terjadi di wilayah Bolsel beberapa hari lalu, segera diperbaiki. Selasa (28/7/20), didampingi Kadis PUPR Bolsel Tedi Manika, Anggota Komisi V DPR RI Dapil Sulut Hi Herson Mayulu SIP (H2M) bersama Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) wilayah  Sulut Ir Agung Hari Prabowo MT bersama tim,  turun meninjau akses yang terdampak bencana  banjir dan tanah longsor tersebut.
H2M mengatakan, peninjaun tersebut langsung ditindaklanjuti. “BPJN  mengambil dua tindakan penyelamatan dan penagangan permanen,” kata eks Bupati Bolsel dua periode ini.
Penyelamat dengan melakukan penimbunan atau teknis lainnya, dilakukan agar jalan secapatnya bisa dilintasi kendaraan. “Dilakukan penyelamatan terlebih dahulu selanjutnya di APBN-kan tahun 2021 untuk penanganan permanen,” kata politisi PDI-P ini.
“Insaa Allah minggu depan, akses Molibagu-Duloduo sudah bisa dilintasi,” tambahnya.
Kesempatan tersebut, H2M mengapresiasi BPJN Sulut yang cepat dan tanggap dalam penanganan. Dicontohkannya,  jembatan Kombot, baru dilaporkan langsung ditinjau untuk penanganannya. “BPJN juga menempatkan satker di titik-titik longsor dan langsung melakukan penanganan. Intinya semua titik longsor dan jembatan amruk yang melintasi jalan nasional sudah ditinjau dan akan dilakukan penanganan. Sekarang rangka untuk Jembatan Bakida sudah berada dilokasi. Begitu juga jembatan Kosio’ (Kabupaten Bolaang Mongondow,red),” kata H2M.
Sementara itu, Wabup Deddy Abdul Hamid mengucapkan terima kasih kepada  Kepala BPJN Sulut Ir Agung Hari Prabowo MT yang  tanggap dengan kondisi yang ada. “Selaku pemerintah daerah saya berterima kasih kepada Kepala  BPJN Sulut yang sudah tanggap dan turun langsung meninjau jalan amblas dan jembatan ambruk di Bolsel. Insaa Allah ke depannya apa yang menjadi kebutuhan Bolsel lebih diperhatikan,” kata Wabup.
Ucapan yang sama juga disampaikan Wabup kepada Anggota Komisi V DPR RI Hi Herson Mayulu SIP yang dalam reses kali ini bisa melihat langsung bencana dan dampaknya yang terjadi di Bolsel. “Kementerian PUPR merupakan mitra kerja Komis V DPR RI,” kata Wabup.   Menurutnya, selaku perwakilan Sulut di DPR RI, H2M begitu peduli dengan kondisi yang ada. “Bentuk kepedulian, beliau langsung menghubungi  BPJN Sulut dan turun bersama meninjau jalan amblas dan jembatan amruk. Selaku pemerintah daerah saya mengucapkan terima kasih kepada bapak Herson Mayulu,” ucap Wabup.
Terpisah, Kepala Dinas PUPR Bolsel Teddy Manika yang turun mendampingi mengatakan, peninjauan pertama di lakukan di jembatan Kombot yang berada di Ruas Jalan Nasional Onggunoi- Pinolosian. “Jembatan kombot ini Opritnya Jepol diterjang banjir,” kata Tedi.
Peninjauan kataya, dilanjutkan diruas jalan Nasional Doluduo (Bolmong)- Molibagu (Bolsel). “Ruas Jalan ini amblas akibat tergerus arus air banjir,” kata Tedi .
Diungkapkannya, selain jembatan Kombot, oprit jembatan Salango 1, Salango 3, Dumagin dan Bakida jebol. “Dari lima jembatan yang jebol, Bakida paling parah karena sudah tidak bisa dilintasi kendaraan roda empat. Untuk jembatan lainnya sudah dilakukan penyelamatan oleh BPJN hingga sudah bisa dilintasi kendaraan roda empat,” kata Tedi. (lel)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional