Menu

Kabel 20 KV di Manado Mulai Dibawahtanahkan

  Dibaca : 24 kali
Kabel 20 KV di Manado Mulai Dibawahtanahkan
TATA KOTA: Titik penggalian di bahu jalan untuk pemasangan kabel SKTM bawah tanah di areal Teling.

Untuk Keandalan Listrik dan Penataan Kota

MANADO – Tidak hanya menjaga keandalan listrik demi memberi kenyamanan bagi pelanggan, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Manado juga turut memiliki tanggungjawab dalam penataan Kota Manado di bidang penyediaan listrik.

Sebagai langkah nyata adalah dengan cara mengalihkan Saluran Kabel Tegangan Menengah (SKTM) 20 Kilo Volt (kV) dari kabel udara menjadi kabel tanam dari Gardu Induk Teling ke Kantor Gubernur, Gardu Induk Teling ke Bumi Beringin, Gardu Induk Ranomuut ke Gardu Hubung Komo, dan Brimob Paniki ke Gardu Hubung Bandara.

Manager UP3 Manado Andre Lengkong mengatakan bahwa teknologi tersebut diusung PLN untuk terus meningkatkan infrastruktur dalam memenuhi kebutuhan listrik yang semakin meningkat, yaitu dengan kabel yang dipendam di tanah tersebut yang mengalirkan tegangan sebesar 20 kV (kilo volt).

Selain itu, pembangunan saluran kabel bawah tanah 20 kV ini juga termasuk pekerjaan rehabilitasi Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) 20kV dalam rangka memperbaiki estetika Kota Manado karena kabel-kabel Tegangan Menengah di udara mulai berkurang memenuhi ruang udara kota.

“Pembangunan SKTM bawah tanah tersebut sudah hampir rampung, dan dalam waktu dekat ini segera diselesaikan 100 persen,” kata Lengkong. “Di tengah pandemi COVID-19 ini, kami pun terus berusaha untuk mempercepat proses pekerjaan dengan penyediaan material untuk kelanjutan pekerjaan bisa selesai. Untuk itu PLN meminta maaf kepada masyarakat bila ada hal-hal yang mengganggu aktivitas akibat pembangunan tersebut. Pembangunan tersebut kami rasa jauh lebih penting untuk keandalan sistem kelistrikaan Kota Manado ke depannya,” tutur Andre.

Dengan penguatan sistem kelistrikan ini, diharapkan kehandalan pasokan listrik Kota Manado semakin meningkat sehingga kepercayaan investor akan semakin baik. “Efeknya pembangunan Manado semakin berkembang dalam menunjang perekonomian Provinsi Sulawesi Utara,” jelas Andre

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Manado Royke Mamahit menyampaikan dengan pembangunan instalasi kabel listrik di bawah tanah ini, Pemkot telah memberikan rekomendasi terkait pekerjaan yang sementara dilaksanakan oleh pihak PLN.

“Pembangunan ini tidak hanya diperuntukkan untuk perwajahan kota, tapi juga berdampak dengan perekonomian masyarakat. Dengan pembangunan instalasi kabel listrik di bawah tanah ini agar wajah kota Manado lebih bagus dan tidak terganggu dengan banyaknya kabel yang bergelantungan,” tutup Royke.(baz)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional