Menu

Wabup: Jangan Risaukan Dana Bansos

  Dibaca : 22 kali
Wabup: Jangan Risaukan Dana Bansos
REALISASI: Bansos untuk kesejahteraan masyarakat bukan untuk kepentingan politik.

BOROKO — Wakil Bupati Bolmong Utara (Bolmut) kembali menepis sejumlah isu miring yang mengatakan sejumlah item dana Bantuan Sosial (Bansos) bakal ditunggagi kepentingan politik. Ditegaskan, Bansos adalah dana yang berasal langsung dari pusat. Regulasinya diatur berdasarkan mekanisme kebijakan pusat juga.

Lebih lanjut Wabup mengatakan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) secara khusus telah mengatur alokasi dana Hibah Bansos sebagai upaya menghindari penyelewengan selama masa kampanye Pilgub 2020 nanti. Dan sejauh ini, kata Wabup, pengaturan oleh pihak Kemendagri sudah tertib, dan menutup peluang bagi oknum-oknum tertentu yang ingin menunggangi Bansos untuk kepentingan politik lebih khusus jelang Pilgub Sulut.

Wabup pun menjelaskan, berdasarkan Permendagri Nomor 32 tahun 2011 dan nomor 39 tahun 2012, pengajuan dana hibah bansos harus dianggarkan satu tahun sebelumnya.

“Di sini bisa kita lihat, ketatnya peraturan yang mencakup hingga ke tataran perencanaan, pencairan hingga pertaggung jawaban, mulai dari Kepala daerah hingga kepala dusun,“ tegasnya.

Dia pun menambahkan, dalam mengantisipasi penyelewengan dana Bansos, pemerintah pusat telah menjalin kerjasama dengan pihak KPK, karena tidak bisa dipungkiri situasi politik membuka keran kecenderungan ke arah ini.

“Saya pikir saat ini aturannya sangat ketat, dan celah-celah kemungkinan ke arah penyelewengan Bansos di Pilgub nanti tertutup rapat. Sebagai wakil kepala daerah saya pun akan mengawal hal ini, demi menciptakan iklim demokrasi yang sehat,“ pungkasnya.(pju)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional