Menu

Dinkes Bolsel Jamin Layanan Kesehatan Korban Banjir

  Dibaca : 119 kali
Dinkes Bolsel Jamin Layanan Kesehatan Korban Banjir
JAMINAN KESEHATAN: Tampak petugas medis sedang memeriksa masyarakat di Posko Pelayanan Kesehatan yang dibuka di wilayah terdampak banjir.

BOLSEL — Tidak hanya kebutuhan makanan, Pemkab Bolsel juga menjamin layanan kesehatan masyarakat khususnya warga terdampak banjir yang terjadi di semua kecamatan di Bolsel. Selain memaksimalkan pelayanan di Puskesmas, juga dibuka posko pelayanan di semua wilayah terdampak banjir. Hal itu disampaikan Kepala Dinkes dr Sadli Mokodongan. “Selain  Posko Pelayanan kesehatan ada juga Pusling untuk melayani warga yang sakit atau terserang penyakit pasca banjir,” kata Sadli, kemarin. Dikatakannya, obat-obatan disiapkan di Posko Kesehatan Induk yang disiapkan di Ibu kota. “Jika persediaan Posko kesehatan wilayah minipis, kita distribusi kembali obat-obatan yang di drop di Posko Kesehatan Induk,” katanya. Setiap Posko kesehatan katanya, ditempatkan 5 sampai 7 tenaga kesehatan. “Layanan kesehatan di posko mencakup berbagai penyakit yang timbul karena banjir. Jika pasien harus dilakukan penanganan lebih lanjut, maka akan dirujuk ke rumah sakit,” kata Sadli.
“Penyakit yang menonjol pasca banjir di antarany  Ispa, Mialgia, Hipertensi dan dermatitis,” tambahnya. Menurutnya,Ibu Hamil dan balita tidak luput dari pengawasan karena sangat rentan terserang penyakit pasca banjir. “Kita sudah melakukan pendataan  Ibu Hamil dan balita yang terdampak banjir. Selain pemeriksaan rutin kita juga memperhatikan asupan gizi bagi mereka. Begitu juga dengan para lansia (lanjut usia,red),” tukasnya. (lel)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional