Menu

Nakes Bolmong Belum Terima Insentif

  Dibaca : 29 kali
Nakes Bolmong Belum Terima Insentif
KERJA KERAS: Para Nakes di Kabupaten Bolmong berharap agar pemerintah segera mencairkan dana insentif. (ist)

Dana 11 Miliar Belum Dicairkan

BOLMONG—Meskipun menjadi garda terdepan mengantisipasi pandemi wabah COVID-19, namun para tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Bolmong belum ada satupun yang mendapatkan insentif dari pemerintah daerah. Alhasil, saat ini sudah memasuki bulan kelima namun dana sebesar Rp11 miliar yang disiapkan untuk insentif tenaga medis belum juga dicairkan. “Hingga kini belum ada satupun tenaga medis yang mendapatkan insentif,” ungkap salah satu tenaga kesehatan yang meminta namanya tidak dikorankan.

Menurut Nakes yang bekerja di salah satu Puskesmas di Bolmong, para tenaga kesehatan telah bekerja keras untuk penanganan COVID-19, bahkan ada yang terkena virus korona. Untuk itu, diharapkan kepada pemerintah untuk secepatnya mencairkan insentif tersebut. “Kan Nakes juga manusia, pastinya ada juga keperluan yang harus dibiayai,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan dr Erman Paputungan saat ini pihaknya tengah memverifikasi pembayaran insentif tersebut. “Saat ini masih tahapan verifikasi. Kita inginkan semua data sesuai dengan petunjuk teknis untuk pembayaran insentif,” kata Erman.

Iapun menegaskan, setiap pengeluaran anggaran untuk penanganan COVID-19 ini mendapat perhatian dari lembaga pengawas dan penegak hukum. Bahkan, sudah ada penegasan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jika melakukan korupsi dana penanganan Covid-19 akan diganjar hukuman mati. “Karena itu kita sangat berhati-hati. Pembayaran insentif ini akan kita lihat beberapa indikator, termasuk jam kerja dari masing-masing petugas medis yang menangani pasien Covid-19, dan beberapa indikator lainnya,” tegas Erman.

Terpisah, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Bolmong, Rio Lombone mengaku siap menyiapkan dan membayar insentif dari petugas medis. Pihaknya menyediakan anggaran mencapai Rp11 miliar yang difokuskan untuk bidang kesehatan, termasuk soal insentif petugas medis. “Berapa pun yang diminta oleh Dinkes, kami siap untuk membayarkannya. Tetapi sejauh ini, kami belum menerima permohonan dari dinas terkait untuk pembayaran insentif. Kalau sudah ada, langsung kami bayarkan,” pungkas Rio. (jly)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional