Menu

Sulut Resmi Miliki Mobil PCR

  Dibaca : 66 kali
Sulut Resmi Miliki Mobil PCR
UNTUK TES MASSAL: Penyerahan kunci mobil oleh Menkes kepada Gubernur disaksikan perwakilan PT MSM-TTN.

Bantuan MSM-TTN, Diserahkan Menkes ke Gubernur Sulut

MANADO — Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey memenuhi janji kepada warganya untuk mendatangkan mobil laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR). Mobil laboratorium seharga Rp4,14 miliar yang disumbangkan PT Archi Indonesia (Rajawali Group) itu diserahkan Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto kepada Gubernur, di VIP Pemda Bandara Sam Ratulangi Manado, Selasa (25/08/2020).

Gubernur Olly Dondokambey menyampaikan apresiasi atas perhatian PT Archi Indonesia, melalui PT. Meares Soputan Mining (MSM) dan PT Tambang Tondano Nusajaya (TTN). Menurut Gubernur, pihaknya akan selalu berkoordinasi dengan pemerintah pusat dalam penanganan penyebaran COVID-19 di Sulawesi Utara.

“(Bantuan) ini bukti keseriusan dari perhatian pemerintah pusat kepada Sulawesi Utara, dengan mengupayakan pengadaan mobil laboratorium PCR,” ujar Olly.

Sementara Menkes Terawan Agus Putranto menyambut baik upaya dan kepedulian yang ditunjukkan PT Archi Indonesia.

Mobil laboratorium PCR itu disumbangkan oleh PT MSM dan PT TTN melalui Program “MSM TTN Peduli”. Dalam penyerahan fisik, kemarin, PT Archi Indonesia diwakili oleh Yustinus Hari Setiawan, Kepala Departemen External Relation PT MSM dan PT TTN.

“Bantuan ini merupakan wujud nyata komitmen dan kepedulian kami dalam upaya penanganan COVID-19 di Indonesia. Memang tidak mudah melalui masa pandemi ini, tapi sebagai bagian dari Rajawali Group, kami selalu berupaya semaksimal mungkin mendukung program pemerintah,” kata Satrio Tjai, Executive Advisor to the CEO & Chairman Group Rajawali, saat penyerahan di Jakarta beberapa waktu lalu.

Penyerahan bantuan mobil PCR untuk pemeriksaan swab bagi warga Sulawesi Utara ini, sebenarnya sudah dilakukan di Jakarta  pada akhir Juli lalu oleh Direktur PT Archi Indonesia, Rudy Suhendra kepada Kepala BPBD Provinsi Sulawesi Utara Joi Oroh, dan disaksikan oleh Kepala BNPB, Doni Monardo.

Rudy Suhendra mengatakan selain bantuan mobil laboratorium PCR, PT Archi Indonesia ikut terlibat aktif dalam berbagai program Pemprov Sulawesi Utara termasuk sosialisasi penerapan protokol kesehatan, pendistribusian masker, penyediaan area cuci tangan hingga pemberian program sembako untuk 4.000 Kepala Keluarga di area lingkar tambang. Perusahaan juga memberikan APD di beberapa rumah sakit di Sulawesi Utara.

Usai serah terima di Bandara Sam Ratulangi, Menkes bersama Gubernur didampingi Kapolda Sulut Irjen Pol. Royke Lumowa, Sekprov Sulut Edwin Silangen, Kadis Kesehatan dr. Debby Kalalo, menyempatkan diri meninjau kelengkapan peralatan PCR yang ada di dalam mobil laboratorium.

Sekadar referensi, mobil PCR kedua di Indonesia yang berstandar WHO ini bakal dioptimalkan untuk menjangkau kabupaten dan kota di Sulut yang membutuhkan tes swab massal.

Mobil laboratorium yang berkapasitas 96 wells/holes ini memiliki bio safety cabinet untuk pengerjaan sampel serta ruangan dengan negative pressure yang difiltrasi menggunakan HEPA filter serta fasilitas pengaman lainnya untuk meminimalisir terpaparnya tenaga medis serta lepasnya virus ke lingkungan yang sesuai dengan rekomendasi WHO.

Menkes Agus Terawan menerangkan bahwa di masa kenormalan baru, masyarakat bisa kembali beraktivitas seperti biasa, namun wajib menerapkan protokol kesehatan. “Masyarakat sudah dapat beraktivitas seperti biasa, tapi dengan menggunakan protokol kesehatan,” ujar Terawan.(baz/**)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional