Menu

Kasus Netralitas ASN Diserahkan ke KASN

  Dibaca : 55 kali
Kasus Netralitas ASN Diserahkan ke KASN
Steffen Linu

Bawaslu Tomohon Tugaskan Panwas Perketat Pengawasan

TOMOHON – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tomohon memastikan menyerahkan berkas dugaan pelanggaran netralitas yang melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN), ke Komisi ASN (KASN).

Kesepakatan itu dilakukan Bawaslu untuk memastikan keterlibatan ASN dalam dua kasus tersebut, masuk kategori pelanggaran yang dapat ditoleransi atau pelanggaran berat.

“Bawaslu tidak main-main melakukan penanganan pelanggaran netralitas ASN. Proses kajian sudah selesai dan paling lambat dua hari kedepan akan dikirim ke KASN,” kata Koordinator Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kota Tomohon, Steffen Linu SS MAP.

Hanya saja kata Linu, di masa pandemi, dokumen berupa surat penerusan, kajian hukum, berita acara klarifikasi dan sumpah serta bukti, akan dikirim dalam bentuk scan pdf melalui email KASN.

“Kami kembali mengingatkan ASN untuk menjaga netralitas saat pemilihan kepala daerah (Pilkada). Tidak ada alasan lagi tidak mengetahui atau tidak sengaja, karena kami telah menyebar bahan sosialisasi terkait larangan dan sanksi ASN yang tidak netral,” tegas Linu.

Menyinggung terhadap kemungkinan pelanggaran yang melibatkan ASN, TNI/Polri di media social (Medsos), Linu menandaskan, telah menugaskan panitia pengawas (Panwas) Kelurahan dan Kecamatan untuk memperketat pemantauan. (elk)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional