Menu

Jelang Triwulan IV, Target PAD Bolmong Baru 61,1 Persen

  Dibaca : 14 kali
Jelang Triwulan IV, Target PAD Bolmong Baru 61,1 Persen
Rio Lombone

Terkendala COVID-19

BOLMONG—Bulan depan, sudah memasuki triwulan IV bertanda, tahun anggaran tidak lama lagi akan berakhir. Namun, target Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Bolmong belum seperti yang diharapkan. “Ya kita terus bekerja keras untuk penagihan guna capaian target PAD,” ujar Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Bolmong Rio Lombone.

Ia mengakui ada begitu banyak kendala yang dihadapi untuk menggapai target PAD. Pasalnya, seiring dengan pandemi COVID-19 ada begitu banyak pembatasan yang dilaksanakan. “Sudah 6 bulan pandemi COVID-19. Seiring dengan kondisi tersebut ada begitu banyak pembatasan yang terjadi, salah satunya berdampak pada penagihan PAD,” ujar Rio. “Meski demikian kita optimis akan mencapai target PAD,” ujar Rio.

Berdasarkan data yang diperoleh Indo Post, hingga September ini PAD yang dikumpulkan Pemkab Bolmong baru 61,1 persen atau Rp31.865.084.634 dari target perubahan Rp52.125.810.871. “Target ini terdiri dari pendapatan pajak, retribusi dan pendapatan lain lain yang sah,” ujar Kepala Bidang Penagihan dan Keberatan, Ria Rafika Manoppo.

Menurut Ria,  pihaknya terus berupaya PAD Kabupaten Bolaang Mongondow dapat dicapai hingga akhir tahun 2020. “Insya Allah bisa dicapai, sesuai dengan target yang ada saat ini. Untuk  PAD sektor retribusi terus dimaksimalkan SKPD. Sedangkan sektor pajak angkanya sudah menyentuh hingga 81 persen. Kami optimis ini bisa maksimal 100 persen,” kata Rio.

Pihaknya juga mengakui ada pengurangan target PAD yang disebabkan adanya Covid-19 “Memang sebelumnya target PAD kita Rp56 Miliar, sesuai dengan penetapan PAD Perda Nomor 5 Tahun 2019. Tapi karena ada instruksi Kemendagri terkait dengan Covid-19, dan PAD saat ini Rp52,1 Miliar. Ini yang  kami maksimalkan untuk dicapai,” pungkas Ria. (jly)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional