Menu

Dokumen Paslon Diverifikasi Faktual

  Dibaca : 18 kali
Dokumen Paslon Diverifikasi Faktual
DIPACU: Pimpinan Bawaslu Boltim, Susanto Mamonto dan Koordinator Sekretariat, Himawan Korompot saat melakukan verfak di asal sekolah paslon. (ist)

Bawaslu Boltim Teliti Ijazah Paslon

BOLTIM—Tidak ingin kecolongan keabsahan dokumen pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati. Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) Bolaang mongondow Timur (Boltim) melakukan verifikasi faktual (Verfak). Bawaslu Boltim membagi tiga tim verfak dan mendatangi Sekolah atau Universitas yang digunakan Bakal Pasangan Calon sebagai syarat pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boltim.

Koordinator divisi hukum, penindakan, pelanggaran dan penyelesaian sengketa Bawaslu Boltim, Hariyanto, SE mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan Verifikasi faktual dokumen calon pendaftaran. “Kita bentuk beberapa tim yang langsung melakukan verifikasi dokumen, terutama dokumen calon yaitu ijazah. Jadi kita menyasar perguruan tinggi dimana bakal calon memperoleh ijazah, untuk memastikan keaslian dokumen ijazah yang dikeluarkan,” ujar Hariyanto.

Kata dia, ada beberapa tempat yang didatangi Bawaslu seperti kota Surabaya provinsi Jawa timur, kota Manado dan Tondano di Sulawesi utara dan provinsi Gorontalo. Sementara koordinator divisi pengawasan, humas dan hubungan antar lembaga, Bawaslu Boltim, Susanto Mamonto menambahkan, selain melakukan verifikasi keaslian ijazah sebagai syarat dokumen calon, pihaknya juga akan mendatangi kantor DPP Partai Politik. “Selain melakukan verifikasi faktual ijazah, kami juga melakukan verifkasi keabsahan SK dokumen partai politik pengusul di DPP, dan juga laporan hasil kekayaan pejabat negara (LHKPN),” ujar Susanto. (mel)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional