Menu

Ring Road III Mulai Dibangun

  Dibaca : 15 kali
Ring Road III Mulai Dibangun
PENGURAI MACET: Ground breaking pembangunan jalan MORR III Malalayang-Winangun di batas kota Manado dan Minahasa, Kalasey.

Tahap I 1,5 Km Dari Kalasey

MANADO — Pembangunan Manado Outer Ring Road (MORR) III Malalayang-Winangun sudah dimulai. Gubernur Olly Dondokambey melakukan ground breaking, Senin (14/09/2020) pagi, sebagai tanda dimulainya pembangunan jalan pengurai kemacetan di dalam Kota Manado itu.

Gubernur Olly mengatakan proyek MORR III merupakan persembahan pemerintah untuk pembangunan infrastruktur di Sulut.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara tentunya kita bersyukur, karena hari ini masyaralat Sulut bisa melihat dan menyaksikan dimulainya pembangunan proyekpenting di Sulut. Janji Pak Presiden Jokowi waktu berkunjung ke Sulut untuk menopang pembangunan infrastruktur dalam mendorong pariwisata di Sulut bisa berjalan dengan baik, direalisasikan,” ungkap Gubernur Olly dalam sambutannya.

Gubernur mengatakan pembangunan MORR III sangat strategis bagi kemajuan Sulut. Sebab, jalan yang direncanakan sepanjang 11,4 kilometer itu perannya penting sebagai pengurai kemacetan dalam Kota Manado. Sebab, selama ini kendaraan dari arah Minsel, Bolmong, dan Gorontalo yang akan ke arah Bandara, Minut, dan Bitung harus lewat dalam Kota Manado.

“Terjadi penumpukan kendaraan saat baru masuk Manado hingga ke dalam kota. Makanya, kehadiran MORR III ini sangat strategis untuk roda ekonomi Sulut. Apalagi, MORR terkoneksi dengan Tol Manado-Bitung,” ungkap Olly.

Karena strategisnya jalan ini maka Gubernur berharap kepada pelaksana maupun pengawas dapat menjalankan tugas-tugas dengan baik, sehingga pembangunan jalan ini hasilnya benar-benar bermutu.

“Harus berkualitas baik, agar masyarakat bisa melihat langsung program-program pemerintah pusat yang manfaatnya besar terhadap Sulawesi Utara,” harapnya.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XV Agung Hari Prabowo mengatakan untuk proyek MORR III akan dilaksanakan dengan beberapa tahap. Untuk tahap I ini akan dikerjakan sepanjang 1,5 kilometer dari batas kota Manado-Minahasa (Kalasey).

“Dikerjakan multiyears dari September sampai Juli 2021. Mohon doanya semoga berjalan lancar,” ujar Prabowo.

Ia mengharapkan proses pekerjaan MORR III tahap I cepat selesai. “Sehingga bisa dilanjutkan dengan tahap berikutnya,” ujarnya.

Sekadar referensi, tahap I sepanjang 1,5 kilometer ini akan memakan biaya Rp46.119.372.555 dari APBN 2020, dengan pemenang tender pelaksana PT. Margahasta Citramukti (Manado).

Soal pembebasan lahan, Prabowo mengakui baru sepanjang 8 kilometer yang sudah tuntas.

“Proses pengadaan oleh Pemprov Sulut. Tadi disampaikan baru 8 kilometer sudah bebas,” ungkapnya. Hal ini dibenarkan Kadis  Perkim dan Pertanahan Sulut Steve Kepel.

Groundbreaking ini turut dihadiri Forkopimda Sulut, Bupati Minahasa Roy Roring, Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Sulut Steve Kepel, Plt Kadis PUPR Sulut Adolf Tamengkel,  dan pejabat Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XV.(baz/**)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional