Menu

4 Terdakwa Korupsi TPA Bolmut Jalani Sidang Perdana

  Dibaca : 13 kali
4 Terdakwa Korupsi TPA Bolmut Jalani Sidang Perdana
DAKWAAN: Para terdakwa mendengarkan dakwaan JPU dalam sidang di Pengadilan Tipikor Manado.

MANADO — Empat Terdakwa Dugaan korupsi  Pengadaan lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) , didudukkan dalam sidang perdana di Pengadilan Tipikor Manado. Mereka yakni, yakni Leopold Dalope sebagai Kepala Dinas Keuangan, Hasanudin Datuela yang mengaku pemilik tanah, Reky Posumah ketua panitia pengadaan tanah, dan Sadarudin Pontoh sebagai anggota Panitia Pengadaan Tanah.   Wakil Ketua Pengadilan Negeri (PN) Manado Alfi Usup menjadi Ketua Majelis Hakim, serta Hakim anggota Halidjah Wally, dan Pultoni.

Dalam dakawaan JPU , Wiwin Tui dan Charles, kasus ini berawal pada Desember 2009, Pemerintah Kabupaten Bolmut mengadakan  proyek Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Salah satunya pengadaan tanah sebesar 2 miliar rupiah. Empat Terdakwa diduga menyusun rencana sampai mendapat lahan tanah seluas tujuh hektar yang berada di Desa Komus Dua Timur, dan Desa Inomunga Kecamatan Kaidipang, Bolmut.

Rupanya tanah tersebut tidak tercatat di register desa setempat dan merupakan tanah negara sesuai aturan Badan Pertahanan Negara (BPN) tidak bisa diperjual-belikan. Akibat perbuatan empat terdakwa, negara mengalami kerugian sebesar lebih dari Rp700 juta rupiah. Majelis Hakim kemudian menutup sidang dan akan dilanjutkan pekan depan. (air)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional