Menu

DPS Pilgub Berkurang 79.556 Pemilih

  Dibaca : 11 kali
DPS Pilgub Berkurang 79.556 Pemilih

MANADO — Jumlah pemilih sementara di Sulut untuk pemilihan gubernur 2020 yang ditetapkan dalam daftar pemilih sementara (DPS) sebanyak 1.828.285. Jumlah itu berkurang 79.556 pemilih dibanding jumlah dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di pemilihan legislatif (Pileg) tahun 2019 lalu, sebanyak 1.907.841 pemilih.

“Kita sudah melakukan coklit pemilih di lapangan, dan sudha didapatkan DPS-nya. Sudah diplenokan dan disaksikan oleh rekan-rekan Bawaslu Sulut,” kata Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh dalam Rapat Pleno Penetapan DPS, di Manado, Selasa (15/09/2020).

Mewoh juga menanggapi beberapa catatan Bawaslu soal hasil DPS, bahwa hal itu akan ditindaklanjuti “Kami akan lakukan pencermatan terhadap DPS yang telah ditetapkan. Termasuk tanggapan dari masyarakat yang disampaikan ke KPU,” ungkap Mewoh seraya menyatakan apresiasi kepada Bawaslu Sulut yang hadir melakukan pengawasan. “Kami yakini masukan Bawaslu itu sebagai upaya mewujudkan daftar pemilih yang berkualitas.”

Sementara Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda meminta seluruh jajaran Bawaslu Sulut serta Panwaslu kabupaten/kota dapat berkoordinasi dengan KPU dalam melakukan pemuktahiran Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP). Menurutnya koordinasi dengan KPU sangat penting untuk menghasilkan daftar pemilih yang berkualitas.

“Bawaslu diberikan kewenangan Undang-undang untuk mengawasi seluruh tahapan Pilkada, termasuk pemuktahiran daftar pemilih. Dalam tahapan ini pengawasan Bawaslu untuk memastikan apakah semua proses sudah sesuai aturan atau belum. Khususnya memastikan yang Memenuhi Syarat (MS), dan yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) masuk dalam daftar pemilih.

“Dalam pengawasan ini konteksnya kami membantu KPU dalam melakukan pemuktahiran data pemilih,” ungkap Malonda.(baz/**)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional