Menu

Eman Buka Rakor SIPD

  Dibaca : 25 kali
Eman Buka Rakor SIPD
Walikota Tomohon Jimmy Eman membuka Rakor SIPD secara virtual.

TOMOHON – Walikota Jimmy Feidie Eman SE Ak CA membuka rapat koordinasi (Rakor) Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD), Selasa (15/9). Rapat yang dilaksanakan secara virtual menghadirkan narasumber dari direktorat bina pembangunan daerah kementerian dalam negeri (Kemendagri), Harry Irawan.

Sedangkan dari pemerintah kota (Pemkot) Tomohon dihadiri sekretaris daerah kota (Sekdakot) Ir Harold Lolowang MSc, kepala badan perencanaan, penelitian dan pengembangan daerah (Bapelitbangda) Drs Daniel Pontonuwu, peserta tim kerja pengelola SIPD (E-database), seluruh kepala sub bagian (Kasubag) Perencanaan dan staf/operator aplikasi SIPD.

Eman mengatakan, informasi pembangunan daerah terdapat data perencanaan, analisis dan profil serta informasi perencanaan pembangunan daerah, yang dituangkan dituangkan ke dalam satu aplikasi berbasis website, yaitu aplikasi e-database SIPD.

Informasi pembangunan merupakan wadah untuk mengumpulkan dan mengolah data/informasi pembangunan daerah. Selain itu sarana tersebut berfungsi untuk memperkuat koordinasi dan pengelolaan data serta informasi pembangunan daerah.

“Dalam pengumpulan dan updating data tersebut membutuhkan beberapa tahapan  pelaksanaan sampai kepada tahapan penginputan data ke dalam aplikasi,” jelas Eman.

Dikatakan, rakor merupakan pertemuan yang memiliki arti penting dan strategis mengingat pentingnya akan terisinya data dan kualitas elemen data bagi peningkatan kinerja pembangunan daerah dan ketersediaan data dan informasi yang cepat, lengkap, akurat.

“Permasalahan yang sering dihadapi saat ini yaitu keberadaan data dan informasi masih tersebar di perangkat daerah tidak dilakukan pembaharuan (updating) terhadap data dan informasi yang dimaksud,”ungkap Eman.

Mengingat pentingnya data dan informasi yang dikelola oleh aplikasi SIPD sesuai amanat Permendagri 70 tahun 2019, kata Eman perlu dilaksanakan koordinasi SIPD (E-database) Organisasi Perangkat Daerah (OPD). (elk)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional