Menu

Bawaslu Tomohon Kaji Dugaan Pelanggaran Enam Lurah

  Dibaca : 23 kali
Bawaslu Tomohon Kaji Dugaan Pelanggaran Enam Lurah
Steffen Linu

Linu: Penuhi Unsur Pelanggaran, Segera Kirim Rekomendasi ke KASN

TOMOHON – Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) Kota Tomohon memastikan mengirim rekomendasi ke Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN), terkait dugaan pelanggaran tahapan pemilihan kepela daerah (Pilkada) yang melibatkan enam oknum kepala kelurahan (Lurah).

Untuk memastikannya Bawaslu masih melakukan kajian apakah yang dilakukan enam oknum lurah merupakan pelanggaran atau tidak. Sebelumnya, Bawaslu telah memanggil mereka untuk melakukan klarifikasi.

“Pada Selasa (15/9), tujuh oknum Lurah diminta klarifikasi terkait dugaan pelanggaran netralitas. Tapi hanya enam oknum yang bisa hadir. Sementara satu oknum Lurah berhalangan sakit dan baru bisa hadir hari ini (kemarin-red) untuk memberi klarifikasi,” jelas Koordinator Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kota Tomohon Steffen Linu SS MAP.

Oleh karena itu, kata Linu pihaknya baru melakukan kajian bagi dugaan pelanggaran terhadap enam oknum Lurah. Jika, kajian telah selesai dan terbukti adanya pelanggaran langsung di kirim ke ASN. Sedangkan Bawaslu hanya sebatas memberikan rekomendasi.

Dugaan pelanggaran oknum lurah kata Linu, terkait aktivitas di media sosial yang diduga berpihak atau tidak netral. Berbagai aturan telah mencantumkan terkait netralitas ASN dalam Pilkada sebut saja UU nomor  5/2014 tentang ASN, PP nomor 42/ 2004 tentang pembinaan jiwa korps dan kode etik PNS, PP 53/2010 tentang disiplin PNS dan Surat MenPaN-RB no 8/71/M.SM.00.00/2017 tentang pelaksanaan netralitas ASN.

“Bawaslu dengan Pemkot Tomohon telah melakukan penandatanganan MoU. Belum lagi bahan sosialiasi terkait larangan dan sanksi bagi ASN dalam Pilkada. Jadi sudah tidak ada lagi alasan tidak mengetahui atau tidak sengaja,” kunci Linu. (elk)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional