Menu

Uyun Minta Pjs Bupati Boltim Netral

  Dibaca : 46 kali
Uyun Minta Pjs Bupati Boltim Netral
KONSOLIDASI: UKP ketika berorasi politik di hadapan pendukungnya.

BOLTIM-Uyun Kunaefi Pangalima (UKP) Calon Wakil Bupati (Cawabup) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), meminta dengan tegas kepada Pejabat sementara (Pjs) Bupati Boltim Christian Talumepa, untuk tidak menggiring opini massa ke paslon Cabup-Cawabup tertentu. “Saya Uyun Pangalima, peserta kontestasi Pilkada Boltim yang taat akan asas, moral, dan peraturan perundang-undangan, meminta kepada seluruh pihak yang tidak memiliki hak dalam berpolitik praktis agar senantiasa mentaati aturan yang berlaku di negeri ini, ” ujar UKP.

Pernyataan ini dilontarkan Uyun karena melihat adanya oknum-oknum dari kalangan ASN dan aparat desa yang terlibat politik praktis, dan diduga sudah mendapat arahan dari Pjs Bupati Boltim. Kecurigaan Uyun menguat setelah beredarnya foto Pjs Bupati Boltim yang berpose sambil mengangkat tangan dengan angka simbol paslon tertentu di medsos. “Saya juga dari ASN, dan ketika kita menjadi kontestan di Pilkada, maka politik praktis adalah hak kita sebagai peserta, dan tidak perlu di back up. Saya ingatkan, kepada Pjs Bupati Boltim untuk tidak coba-coba mengarahkan opini massa, apalagi dari kalangan PNS atau aparat lainnya. Kalau itu terjadi, maka potensi anarkis bisa terjadi di Boltim, dan hal ini akan menjadi tanggung jawab bapak. Ini peringatan keras, tapi sekaligus bentuk penghormatan kami kepada senior birokrat yang menjabat bupati sementara di Boltim,” tegas Uyun.

Untuk itu, Uyun berharap Pjs Bupati Boltim bisa bertindak dengan cara yang lebih elegan, tidak memihak kepada salah satu pasangan politik tertentu. “Waktu pencanangan kampanye damai, bapak Pjs hanya menyebut satu pasangan calon, dengan mengenakan masker merah, dan hanya menyebut satu pasangan Calon Bupati dari Parpol tertentu. Memangnya cuma dia yang mencalonkan diri di Boltim? Kalau bapak mau berhasil memimpin Boltim, tolong bertindak dengan elegan dan pakai etika,” ketus Uyun. Dia bahkan meminta pihak Bawaslu agar menindak tegas oknum-oknum ASN atau siapapun yang kedapatan terlibat politik praktis.

Terkait kritikan tersebut, Pjs Bupati Boltim, Christian Talumepa membenarkan soal beredarnya foto di medsos. Saat itu Ia berpose dengan jari menunjukkan angka tiga. Namun angka tersebut merupakan komitmen Pemda di Bolmong Raya dalam menerapkan 3T yang artinya, Test, Tracing dan Treatment, atau bahasa umumnya yakni Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak. “Foto itu diambil saat pertemuan bupati/walikota se-Sulawesi Utara (Sulut) bersama Pjs Gubernur Sulut di Kantor Gubernur dalam agenda Rapat Kerja (Raker) tentang percepatan penanganan COVID-19, melalui sosialisasi 3T atau 3M,” jelas Talumepa.(Mel)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional