Menu

KPU Sitaro Gelar Pleno DPSHP

  Dibaca : 45 kali
KPU Sitaro Gelar Pleno DPSHP

IPSITARO — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) di Sulut, menggelar pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan berlangsung 9 Desember mendatang.

Dalam penyampaiannya Ketua KPU Kabupaten Sitaro Stevanus Kaaro SH mengatakan, setelah melakukan rapat koordinasi dengan Bawaslu dan Dinas Dukcapil perihal ada beberapa temuan terkait NKK dan NIK pemilih dari luar daerah dan hal tersebut telah kita cermati dan verifikasi bersama.

“Dari rapat koordinasi bersama Bawaslu dan Dinas Dukcapil telah disepakati, bahwa pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2020 jumlah DPT Kab.Sitaro sebanyak 52.710, dengan Laki-laki: 26.171 dan Perempuan: 26.539” kata Kaaro.

Lebih lanjut lagi dirinya mengatakan bahwa jika di sandingkan dengan jumlah daftar pemilih tetap pada pemilu tahun 2019 kemarin memang ada penurunan jumlah wajib pilih dalam DPT, hal tersebut di akibatkan karena ada wajib pilih yang telah lindah domisili serta ada juga yang telah meninggal dunia.

“Termasuk yang para pilih pemula pada pemilu 2019 kemarin, banyak yang telah lulus dalam tes TNI/POLRI,” tuturnya.

Dikatakannya lagi, nantinya akan dilakukan penyampaian DPT oleh KPU kepada PPS mulai 17-26 Oktober.

“Hasil pleno ini akan disampaikan kepada PPS di setiap kampung kelurahan, untuk selanjutnya disampaikan kepada masyarakat wajib pilih, sehingga pada saat hari pencoblosan nanti tidak bingung mencari TPS,” ujarnya.

Dan jika masih ada wajib pilih yang namanya tidak terdaftar dalam DPT, sambung Kaaro, yang bersangkutan masih dapat menggunakan hak pilihnya pada tanggal 9 Desember nanti.

“Untuk wajib pilih yang tidak terdaftar namanya di DPT, cukup tunjukan dokumen kependudukan seperti KTP,” kuncinya.

Rapat pleno digelar di Balai Pertemuan Umum Kecamatan Siau Barat ini berjalan dengan aman dan lancar.

Turut hadir dalam rapat pleno ini, Pimpinan Bawaslu Kab.Sitaro Jamilah Thalib, Wakapolres Kepulauan Sitaro Kompol Harris O. Bingku, Kepala Dinas Dukcapil Sem Makasiahe, Perwakilan Kampanye dari masing-masing Paslon dan undangan lainnya.

***Gustap Pansing

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional