Menu

Jalan Lolak-Dumoga Segera Dibenahi

  Dibaca : 24 kali
Jalan Lolak-Dumoga Segera Dibenahi
SEGERA DIBANGUN: Berbagai jalan menuju daerah terpencil akan dibangun. (ist)

Dapatkan Dana 75 Miliar, Akses Daerah Terpencil Dibangun

BOLMONG–Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengalokasikan anggaran kurang lebih Rp75 miliar rupiah untuk pembangunan berbagai sektor untuk Kabupaten Bolmong. Nantinya, anggaran tersebut akan dibangun jalan, drainase, talud, irigasi, serta sarana infrastruktur lainnya. “Anggaran dari pemerintah provinsi Sulawesi Utara itu difokuskan untuk pembangunan infrastruktur di Kabupaten Bolmong,” ujar Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow.

Menurut Yasti, ada beberapa titik ruas jalan dengan kucuran dana besar yang bersumber dari APBD Provinsi Sulawesi Utara tahun 2020. Antara lain peningkatan jalan Pontodon-Insil-Palelon-Pangian-Insil  sebesar Rp10 miliar, peningkatan jalan Kolingagaan-Tudu Aog-Poigar Rp15 miliar, peningkatan ruas jalan Pinogaluman-Labuan Uki Kecamatan Lolak Rp5 miliar, peningkatan ruas jalan Pinogaluman-Dumoga Kecamatan Lolak-Dumoga Tenggara Rp15 Miliar peningkatan ruas jalan Ponompiaan-Serasi-Totabuan Kecamatan Dumoga Rp15 miliar. Sehingga total dana mencapai 60 miliar. “Tahun ini sudah dibangun,” ujar YSM.

Kondisi infrastruktur jalan menuju ke Desa Kolingangaan memang memprihatinkan. Bupati menyebut jika ruas jalan tersebut masuk jalan provinsi. Warga di desa itu mengeluh karena kondisi jalan tersebut masih rusak parah. Apalagi pada saat hujan turun. Sampai saat ini kondisi jalan tersebut masih sulit dilalui dengan kendaraan.

Kepala Dinas PUPR Bolmong Chany Wayong mengatakan, pemerintah telah merencanakan untuk pembangunan jalan lanjutan. Sebab, masih ada 12.5 kilometer yang belum dikerjakan. “Kalau tidak salah, sisa panjang jalan yang akan dibangun ke Desa Kolingangaan kurang lebih 12.5 kilometer,” jelasnya.

Sebelumnya pemerintah telah melaksanakan pembangunan namun hanya sampai ke Desa Tudu Aog.  Untuk pengerjaan jalan sepanjang 12 kilometer itu, butuh dana besar. Selain pengaspalan jalan, juga pelebaran tebing karena melewati beberapa sungai kecil. Rusaknya jalan tersebut menyulitkan warga saat melintas, terutama kendaraan roda dua. (jly)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional