Menu

Pelanggar Protokol COVID-19 Jadi Sasaran Operasi Zebra

  Dibaca : 31 kali
Pelanggar Protokol COVID-19 Jadi Sasaran Operasi Zebra
AKP Magdalena Anita Sitinjak

MANADO – Operasi Zebra Samrat 2020 mulai digelar. Satlantas Polresta Manado melaksankan kegiatan ini dilakukan sejak Senin 26 Oktober hingga 8 November 2020. Operasi Zebra kali ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena dilaksanakan dimasa pandemi dan tak hanya menertibkan pelanggar lalulintas juga menyasar kepada pelanggar protokol kesehatan di jalan raya.

Kasat Lantas Polresta Manado AKP Magdalena Anita Sitinjak, mengatakan dalam Operasi Zebra Samrat 2020 sasaran utama adalah para pelanggan protokol Covid-19.

“Sasaran kami terhadap masyarakat yang melanggar protokol Covid-19 dan pelanggaran kasat mata terhadap peraturan lalu lintas,” ucap Kasat Anita.

Dirinya menegaskan Operasi Zebra ini juga akan membuat masyarakat agar semakin disiplin Protokol kesehatan dalam berkendara.

“Fokus utama adalah membuat masyarakat sadar akan pentingnya berkeselamatan di tengah masa pandemi Covid-19,” tegasnya.

Dalam operasi yang digelar serentak diseluruh wilayah Polda Sulut dan Indonesia tersebut pihak kepolisian akan melakukan tindakan preemtif dan preventif terhadap pengendara mobil ataupun motor.

“Untuk Operasi Zebra Samrat ini seluruh personel akan kami siagakan di titik-titik rawan pelanggaran,” kata mantan Kasat Lantas Polres Bitung tersebut.

Tujuan dilaksanakannya operasi ini adalah untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban serta kelancaran dalam berlalu lintas. Di samping itu juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas.

“Mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas. Kemudian, menekan tingkat penyebaran Covid-19 dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Anita juga menjelaskan, operasi ini menitikberatkan pada beberapa poin pelanggaran.

“Pelanggaran yang dimaksud di antaranya kendaraan yang melawan arus, pengendara yang tidak menggunakan helm, menerobos lampu merah, parkir liar, pengemudi berkendara dibawah umur, melebihi kecepatan dan tidak mematuhi rambu lalu lintas,” jelasnya

Kasat Lantas menghimbau bagi pengendara kendaraan roda dua, diharapkan mematuhi peraturan lalu lintas dengan memakai helm. Sedangkan bagi pengemudi dan penumpang mobil, diwajibkan untuk memakai sabuk pengaman.

“Selain itu, bagi pengendara mobil ataupun motor, diingatkan untuk melengkapi surat-surat kendaraannya, seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)”, tutup Kasat Lantas.

Diketahui pada operasi kali ini, petugas kepolisian akan fokus terhadap penerapan protokol kesehatan dalam berkendara. Kemudian, petugas kepolisian juga mengimbau masyarakat bisa lebih patuh berlalu lintas dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. (ndy)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional