Menu

Bersejarah, Pertama Kalinya Pesawat Bisa Mendarat di Kabupaten Sitaro

  Dibaca : 131 kali
Bersejarah, Pertama Kalinya Pesawat Bisa Mendarat di Kabupaten Sitaro

IPSITARO — Bersamaan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, pesawat udara jenis King Air 350i PK- CAQ mendarat di Bandar Udara Balirangen, Siau, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Menariknya, ini merupakan kali pertama burung besi (pesawat, red) landing di Bumi Karangetang (baca: Siau).

Pantauan Indo Post, pesawat yang dikemudikan Pilot Kapten Wahyudi mendarat dengan mulus sekitar pukul 07.50 Wita.

Pendaratan perdana ini mendapat sambutan baik dari Bupati Evangelian Sasingen serta masyarakat.

Dalam penyampaiannya Sasingen mengatakan, momentum ini menjadi jawaban dari sekian banyak tanda tanya perihal kapan Bandara akan difungsikan.

“Ini buah kerja pemerintah dan buah kerja masyarakat,” kata Sasingen.

Ia berharap, sesudah dilaksanakan kalibrasi ini maka Bandara sudah siap untuk diresmikan dan segera beroperasi.

“Pemerintah Daerah telah mengambil berbagai langkah yang diperlukan untuk persiapan peresmian Bandara. Dan tentunya kami sangat mengharapkan Bandar Udara Balirangen Siau ini bisa diresmikan oleh Presiden RI agar bisa melihat langsung keberadaan Kabupaten Kepulauan Sitaro yang adalah merupakan daerah perbatasan,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bandar Udara Naha Satuan Pelayanan Siau Dwi Arianto mengatakan, setiap fasilitas bandara harus dilakukan kalibrasi dan standardisasi sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 77 Tahun 2015.

“Setelah dilakukan kalibrasi akan dilanjutkan dengan legalitas pengoperasian Bandara,” kata Dwi Arianto.

Diharapkan dalam beberapa minggu ke depan, lanjutnya, sertifikat Bandara Balirangen Siau sudah keluar sehingga bisa segera diresmikan dan dioperasikan.

“Untuk jadwal peresmian, kami dari Kementerian Perhubungan telah menyurat ke Kementerian Sekretariat Negara, namun sampai saat ini masih menunggu jadwal. Jika sudah ada jadwal maka secepatnya akan dilaksanakan peresmian bandara Siau ini,” sebutnya.

Kalibrasi pesawat di bandara Siau ini mendapat respon positif dari semua masyarakat Sitaro, hal ini tercermin dari jadi tranding topicnya kalibrasi ini di media sosial Facebook, serta sikap antusias warga yang menyaksikan langsung pendaratan pertama pesawat di Bandara Balirangen Siau.

“Dengan mendaratnya pesawat di bandara Siau, menjadi bukti keseriusan pemerintah dalam upaya membangun daerah. Dan bandara Balirangen Siau ini adalah kebanggaan warga Sitaro. Terima kasih Ibu Bupati yang selalu memperjuangkan kemajuan daerah tercinta,” kata Rivin Sabanari warga Kampung Hiung yang datang ke lokasi untuk melihat langsung pendaratan perdana pesawat di bandara Balirangen Siau.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kapolres Kepulauan Sitaro, Wakapolres Kepulauan Sitaro, Sekretaris Daerah Drs Herry Bogar, MM, Para Asisten Sekda, beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Kapolsek Siau Timur dan para Camat di Wilayah Siau.

***Gustap Pansing.

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional