Menu

Sekolah Negeri di Kotamobagu Kekurangan Guru

  Dibaca : 50 kali
Sekolah Negeri di Kotamobagu Kekurangan Guru
Srie Irnani Potabuga

KOTAMOBAGU – Dinas Pendidikan (Disdik) Kotamobagu mengevaluasi keberadaan guru Aparatur Negeri Sipil (ANS) yang selama ini diperbantukan di sekolah swasta. Pasalnya, saat ini banyak sekolah negeri yang kekurangan guru.

Kepala sub bagian (Kasubbag) Umum dan Kepegawaian Disdik Kotamobagu, Srie Irnani Potabuga, mengatakan, jumlah ASN yang saat ini masih diperbantukan di sekolah swasta mencapai 117 orang.

“Rinciannya, 18 ASN di Sekolah Menengah Pertama (SMP), 41 di Sekolah Dasar (SD), dan 58 di Taman Kanak-kanak (TK) swasta. Saat ini dalam proses pengajuan terkait penarikan guru ASN di sekolah swasta,” ujarnya.

Ia menambahkan penarikan dilakukan atas dasar jumlah guru di sekolah negeri kekurangan karena ada beberapa yang sudah pensiun. Selain itu, petunjuk Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB).

“Sesuai petunjuk kementerian melakukan inventarisir guru-guru ASN di sekolah swasta kemudian ditarik ke sekolah negeri. Jika masih kekurangan, maka disampaikan ke pusat untuk dipenuhi,” tuturnya.

Adapun kebutuhan guru di sekolah negeri sebanyak 846 orang. Sedangkan jumlah guru ASN yang ada sekarang 650.

“Itu artinya kita masih kekurangan 196 guru ASN di sekolah negeri. Ini yang akan ditargetkan hingga memasuki tahun 2021,” tambahnya. (nto/jly)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional