Menu

Selangkah Lagi, Provinsi BMR Segera Terwujud

  Dibaca : 55 kali
Selangkah Lagi, Provinsi BMR Segera Terwujud
PERJUANGKAN ASPIRASI: Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow saat memaparkan tentang potensi BMR. (ist)

Kunjungi Bolmong, Ketua DPD-RI Berjanji Akan Memperjuangkan Pemekaran

BOLMONG—Kabar baik untuk warga Bolaang Mongondow Raya (BMR). Selangkah lagi, Provinsi BMR segera terwujud, bahkan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI yang notabene bertugas untuk mengkaji aspirasi di daerah, segera mengusulkan pemekaran BMR bersama daerah-daerah lain di Indonesia untuk disahkan oleh Presiden RI.

Menurut Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, pihaknya akan mendorong pemerintah pusat untuk melakukan pemekaran Provinsi BMR. “Tadi malam saya bertemu dengan Wali Kota Kotamobagu, Ibu Tatong Bara. Beliau menitipkan aspirasi dari empat kabupaten yang ada di Bolmong Raya, agar DPD RI dapat membantu dan memperjuangkan agar Bolmong Raya dapat menjadi Provinsi pemekaran,” ujar La Nyalla.

Dalam Kesempatan tersebut juga, La Nyalla meyakinkan warga Bolaang Mongondow Raya, DPD akan selalu memperjuangkan aspirasi daerah. “DPD RI sebagai wakil daerah, tentu wajib membantu. Apalagi diera kepemimpinan saya kali ini, selalu saya sampaikan kepada semua Senator, bahwa program DPD RI yang harus kita perkuat ada dua hal. Pertama adalah membantu untuk mempercepat pembangunan di daerah, dan kedua, adalah melakukan advokasi kepada daerah, terhadap persoalan persoalan yang dialami daerah,” sebutnya.

Senada dikatakan Anggota DPD RI perwakilan Sulut Steva BAN Liow. Menurutnya, provinsi BMR bersama pemekaran daerah di Indonesia segera terwujud. Katanya, jika tidak ada aral melintang DPD RI akan mengusulkan pemekaran daerah tersebut ke Presiden. “Tentunya salah satu tugas DPD RI adalah mengkaji berbagai aspirasi di daerah untuk diperjuangkan di pusat. Provinsi BMR bersama daerah-daerah lain sudah masuk dalam pembahasan DPD RI, namun presiden belum mencabut moratorium pemekaran. Tentunya, kedepan kami akan memberikan pandangan untuk mencabut moratorium tersebut dan daerah-daerah pemekaran akan segera terwujud,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow yang berhadap kepada para DPD RI untuk segera mewujudkan provinsi BMR. “Kami berharap banyak agar Provinsi Bolmong Raya akan segera terwujud di tangan bapak ketua dan anggota DPD RI periode 2019-2024,” kata Yasti dalam sambutannya pada pertemuan dengan La Nyalla, serta anggota DPD RI lainnya di rumah dinas Bupati Bolmong, Selasa (17/11/2020).

Dikatakan Yasti, Ketua DPD RI La Nyalla punya kapasitas untuk wujudkan mimpi masyarakat BMR. “Beliau mempunyai kedekatan dengan Presiden Jokowi,” ujarnya. Dikatakan Yasti, provinsi BMR sebenarnya hampir terbentuk 2014. Namun, sayangnya sebuah insiden di sidang paripurna terakhir menggagalkannya. “Padahal dari segi administrasi sudah lengkap,” katanya.

Yasti membeber, potensi yang dimiliki BMR untuk Bolmong saja, sangat berlimpah. Bolmong memiliki potensi emas, pasir besi, semen, batuan dan masih banyak lagi potensi sumner daya alam lainnya. “Daerah ini juga dikenal sebagai lumbung pangan Sulut. Kita juga punya holtikultura,” pungkasnya. (jly)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional