Menu

BI Sulut Akan Gelar Urban Coffee Festival

  Dibaca : 19 kali
BI Sulut Akan Gelar Urban Coffee Festival
Eko Irianto

MANADO — Bisnis kopi sedang trending di Indonesia. Bukan saja sajian menu rupa-rupa kopi, namun bisnis biji kopi yang menjadikan Indonesia sebagai negara terbesar ke-4 pengespor kopi di dunia.

Sulawesi Utara juga memiliki biji kopi khas dari beberapa daerah, hingga ada yang dikenal pebisnis kopi nasional bahkan internasional. Melihat potensi ini, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Utara menggelar agenda khusus perkopian: “Urban Coffee Festival”. Iven yang membahas tetek bengek kopi ini akan digelar mulai Jumat (21/11/2020) di Grand Kawanua Convention Center Manado.

“Urban Coffee Festival digelar untuk membangkitkan lagi kopi Sulut untuk menjadi komoditas primadona ekspor. Paling tidak kopi Sulut bisa berjaya di Indonesia dengan harapan produknya bisa dikirim ke daerah lainnya di Indonesia,” kata Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulut Eko Irianto, di Kantor BI Sulut, tadi malam.

Festival ini digelar BI Sulut karena bisnis perkopian bukan melulu racikan barista. Namun memajukan komoditas kopi butuh kolaborasi dan sinergi pelaku industri kopi seperti petani, roaster, dan barista.

“Contohnya banyak banyak masyarakat yang minum kopi premium seperti arabica, tapi sayangnya volumenya masih sedikit. Hal yang begini hendak kami dorong bersama dalam festival itu,” ujar Eko yang juga penikmat kopi single origin (SO) ini.

Tren kekinian ini, menurut Eko, perlu diantisipasi semua pihak termasuk BI Sulut. Apalagi bisnis kopi adalah bisnis urban, yang menjadi bisnis masa depan Sulut.

“Festival ini akan mempertemukan petani, roaster, barista, dan pelaku bisnis rumah kopi. Tujuannya supaya bisnisnya berkesinambungan,”  kata Eko seraya mengapresiasi antusiasme peserta yang sudah mendaftar. “Nantinya peserta akan disertifikasi meskipun belum skala internasional.”

BI Sulut juga akan mendatangkan pelaku bisnis kopi yang cukup terkenal di Indonesia.

“Ada dua ahli kopi didatangkan ke Sulut untuk memberikan edukasi kepada petani kopi dan semua unsur terkait,” tutupnya.(baz/**)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional