Menu

PU Sulut Tetap Eksis Angkat EG

  Dibaca : 26 kali
PU Sulut Tetap Eksis Angkat EG
Adolf Harry Tamengkel

MINAHASA – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Sulut memberikan perhatian khusus untuk tumbuhan gulma eceng gondok (EG) di Danau Tondano. Lihat saja, dengan eksisnya dan masih beroperasi sejumlah alat berat di Danau Tondano. Menurut Kadis PU Provinsi Sulut Adolf Harry Tamengkel, gulma eceng gondok ini memang harus di angkat agar tidak menutupi Danau Tondano. “Pengangkatan eceng gondok masih berlanjut, sekarang lagi action, walaupun ditengah Pandemi COVID-19,” ujar Tamengkel.

Ia pula menjelaskan tumbuhan gulma ini jika tidak diangkat maka akan merusak habitat Danau Tondano. Makanya, semua harus bahu membahu dalam penyelamatan Danau Tondano yang merupakan salah satu lokasi yang tercatat sebagai keajaiban dunia. Sekarang ada 6 alat berat tengah beroprasi dalam pembersihan tumbuhan gulma itu. “Kita terjunkan ada 6 alat eksavator, 4 milik Pemprov Sulut dan 2 milik Pemkab Minahasa,” ungkap Putra Kakas ini.

Ditambahkannya, selain alat berat yang bekerja juga ada kapal pengangkut sampah gulma eceng gondok. Ada juga kapal khusus pengangkut eceng gondok yang membatu kerja alat berat. “Pasti, gulma eceng gondok di Danau Tondano dapat diangkat sehingga Danau akan menjadi bersih dan bebas dari Gulma ini,” jelas Tamengkel. Seraya mengatakan untuk awal bulan Januari serta Febuari target pembersihan Danau Tondano berada di dua titik yaitu lokasi depan Moy dan Toliang Oki. (ric)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional