Menu

Dinas PMD Boltim Fokus Pemulihan Ekonomi dan Kembali Aktifkan BUMDes

  Dibaca : 19 kali
Dinas PMD Boltim Fokus Pemulihan Ekonomi dan Kembali Aktifkan BUMDes
Rusli Dajo

BOLTIM- Tahun 2021 ini, Pemkab Boltim melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), akan fokus dalam pemulihan perekonomian rakyat melalui berbagai bantuan dan akan kembali menggerakkan BUMDes agar kembali aktif.

Plt Kepala DPMD Boltim Rusli Dajo mengatakan, terdapat sekitar 30 BUMDes yang bakal didorong untuk terus aktif. BUMDes tersebut kata dia, tersebar di berbagai desa, antara lain Desa Paret, Motongkad Utara, Molobog Barat, Bukaka, dan Desa Atoga Timur. “Desa lainnya yang belum ada BUMDes kita upayakan harus ada BUMDes sesuai potensi di desa yang ada,” kata Rusli.

Menurutnya, bagi BUMDes yang tidak bergerak, akan kembali digerakkan atau akan dikembangkan lagi sesuai usaha dan potensi sumber daya. “Dan kita akan lakukan pendampingan. Sedangkan untuk anggarannya sesuai permintaan BUMDes dan penyertaan dana Desa,” ujarnya.

Dengan begitu lanjutnya, struktur-struktur dalam BUMDes perlu dilihat kembali serta dievaluasi. Agar fungsi sebagai lembaga yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, melalui pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat. “Atau dengan kata lain sebagai salah satu sumber kegiatan ekonomi desa berjalan baik. Sebagai lembaga sosial yang harus berpihak kepada kepentingan masyarakat dengan melalui kontribusinya dalam penyediaan pelayanan sosial,” ungkapnya.

Selain itu kata dia, juga sebagai lembaga komersil yang membuka ruang lebih luas kepada masyarakat desa untuk meningkatkan penghasilan, dengan kata lain membuka lapangan pekerjaan dan mengurangi pengangguran di Desa. “Hal itu bertujuan untuk meningkatkan pendapatan, meningkatkan perekonomian masyarakat desa, mengoptimalkan potensi sumber daya alam untuk kebutuhan masyarakat dan menjadi alat pemerataan dan pertumbuhan ekonomi Desa,” jelasnya. (Gry)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional