Menu

Paulus Lumintang: Bijaklah Berinvestasi PBK

  Dibaca : 16 kali
Paulus Lumintang: Bijaklah Berinvestasi PBK

MANADO — Tawaran investasi yang menjanjikan keuntungan menggiurkan cukup banyak berseliweran. Namun, mengingat risiko yang tidak kecil dalam berinvestasi, sikap kehati-hatian harus dikedepankan.
Salah satu sarana alternatif investasi yang memiliki potensi menghasilkan keuntungan amat besar dalam waktu yang relatif singkat adalah investasi di Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) yang ditransaksikan di Bursa Berjangka.
PT Eguityworld Futures Manado sebagai salah satu emiten Perdagangan Berjangka Komoditi di Sulut, menyelenggarakan kegiatan literasi bersama PT Bursa Berjangka Jakarta untuk mengedukasi media dan masyarakat mengenai peluang dan risiko di Perdagangan Berjangka Komoditi. Kegiatan literasi digelar di Kantor PT Eguityworld Futures Manado, Megamas Manado, Kamis (18/02/2021).
Direktur Utama PT Bursa Berjangka Jakarta Stephanus Paulus Lumintang dalam kegiatan literasi itu mengatakan bahwa perdagangan Berjangka Komoditi sekarang semakin menarik karena transaksi yang dilakukan melibatkan penyelenggara dan pelaku dari seluruh dunia. Seluruh proses transaksi dilakukan secara transparan dan berdasarkan mekanisme pasar.
Namun demikian, katanya, para investor diminta untuk memperhatikan risiko yang terkandung. Tapi juga risiko bukan sebuah momok. Karena yang terpenting dipahami agar bisa dikelola dengan baik.
“Pada setiap instrumen investasi akan ada risiko, yang secara langsung dan tidak langsung mempengaruhi tingkat pengembalian dari investasi tersebut. Yang perlu diperhatikan setiap investor adalah bagaimana mengelola dan meminimalkan risiko tersebut, agar tercipta sebuah iklim investasi yang sehat dan bertanggung jawab. Dalam hal ini, setiap investor harus benar-benar memahami aturan serta risiko dari jenis investasi itu sendiri. Ada rasa fair, tidak hanya memikirkan sisi positifnya semata. Makanya, investor harus bijak,” ujar putra Kawanua ini.
Sementara Direktur PT Eguityworid Futures, Deddy Reynold Lagonah menjelaskan bahwa setiap bentuk investasi selalu menghadirkan dua sisi mata uang. Yakni risiko kerugian dan potensi keuntungan.
Investasi di Perdagangan Berjangka Komoditi, katanya, merupakan bentuk investasi yang memiliki risiko tinggi sekaligus berpotensi memberikan keuntungan yang amat tinggi dalam waktu relatif singkat (high risk, high return). Pengetahuan manajemen risiko yang baik akan membuat para investor di Perdagangan Berjangka Komoditi meraih keuntungan yang maksimal.
“Yang jelas dalam pelaksanaan kegiatan usaha kami selalu mengedepankan tata kelola perusahaan yang baik dengan mengutamakan transparansi, dan prinsip kehati-hatian dalam penerimaan nasabah hingga penjelasan peluang dan risiko yang telah diatur sesuai Undang-Undang Perdagangan Berjangka Komoditi,” terangnya.
Di kesempatan yang sama, Pimpinan Cabang PT Eguityworld Futures (EWF) Manado, Joko Santoso mengatakan bahwa selama kepempimpinannya selalu menjaga kualitas layanan adalah hal yang utama sebagai penilaian kinerja selain target bisnis.
“Kami memiliki komitmen untuk mencapai zero complain. Dimulai dari setiap investor yang bergabung akan kami jelaskan dahulu mengenai risiko, peluang dan legalitas perusahaan. Sebelum registasi online seluruh pernyataan investor juga akan terdokumentasi dengan baik sebagai mitigasi risiko di antara kedua belah pihak di kemudian hari,” terangnya.
Joko menambahkan bahwa calon investor yang tertarik pada peluang di Perdagangan Berjangka Komoditi tak perlu khawatir. Khususnya di EWF Manado, setiap investor akan mendapat penjelasan yang transparan dan menyeluruh. Selain itu mereka akan didampingi oleh tim Wakil Pialang Berjangka yang berpengalaman.
Sebagai wujud transparansi, EWF Manado juga memfasilitasi investor dengan Sistem Informasi Transaksi Nasabah (SitNa). Dengan sistem ini memungkinkan investor menerima laporan transaksi setiap hari secara real time. Para investor juga akan mendapatkan edukasi mulai dari cara bertransaksi via akun demo, strategi manajemen risiko hingga layanan konsultasi selama 24 jam.
“Untuk antisipasi risiko trading, kami mengedukasi 4 strategi yaitu hedging, cut loss, averaging, switching. Setiap strategi ini digunakan pada saat kondisi tertentu dan bertujuan untuk meminimalisir risiko yang dialami oleh nasabah,” terang Joko.
Dijelaskan juga, tahun 2020 lalu Eguityworld Futures mencetak volume transaksi sebesar 815.649 lot dan total nasabah baru sebanyak 2.403 nasabah. Target pertumbuhan di tahun 2021, untuk volume transaksi dan total nasabah masing-masing sebesar 20 ribu.
Sementara itu untuk Eguityworld Futures Manado membukukan volume transaksi sebesar 44.527 lot. EWF Manado menargetkan pertumbuhan untuk volume transaksi naik lebih dari 254 di tahun 2021.(baz)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional