Menu

OPD Bolmut Diingatkan Konsentrasi Pertahankan WTP

  Dibaca : 18 kali
OPD Bolmut Diingatkan Konsentrasi Pertahankan WTP

BOROKO – Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs Hi Amin Lasena memingingatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berkonsentrasi mempertahankan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada seluruh item pengelolaan keuangan.

Lasena mengatakan, dalam mengelola keuangan daerah banyak hal yang perlu dibenahi, meski pada tahun sebelumnya Bolmut mendapat predikat WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Masalahnya kata dia, penilaian sistem pengelolaan keuangan di semua item pengerjaan yang tertuang dalam pelaksanaan sejumlah program, tergantung dari kinerja dan upaya seluruh OPD maupun instansi sebagai langkah meminimalisir hingga tidak terdapatnya temuan kesalahan.

“Untuk itu saya berharap agar Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Bolmut, menjalankan laporan yang selalu terkoneksi dengan seluruh OPD dan instansi pemerintah kabupaten (Pemkab), agar laporan akhir yang dihasilkan tidak mengalami kesalahan,” ujar Lasena kepada Indo Post, Senin (22/2/21).

Menurutnya, jika seluruh langkah tersebut bisa dijalankan dengan serius dan terjadi keseimbangan antara perencanaan dan realisasi program, target pemerintah untuk mempertahankan predikat WTP bukan merupakan hal mustahil.

“Saya tetap memantau langsung seluruh proses yang dijalankan agar kinerja beberapa pihak yang memiliki tanggung jawab pelaksanaan sistem keuangan mampu berjalan sesuai harapan, sehingga seluruh kekurangan tidak akan terulang di tahun ini,” tandasnya.

Selain mempertahankan WTP, Amin juga bertekad dengan kerja sama yang baik dari seluruh OPD, akan menjadi kabupaten yang pertama melakukan penyerahan hasil audit atas tanggapan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK dari 14 kabupaten/kota di Sulut.

“Kami mengimbau kepada beberapa OPD yang menerima alokasi anggaran yang terbilang lebih besar dibanding instansi lain seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataruang serta Bapelitbang, harus memaksimalkan upaya pengelolaan keuangan daerah lebih maksimal lagi, begitu juga dengan OPD lainnya,” pesan Lasena. (pju)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional