Menu

Pengelolaan Anggaran Desa di Bolmut Jangan Asal Jadi

  Dibaca : 19 kali
Pengelolaan Anggaran Desa di Bolmut Jangan Asal Jadi

BOROKO – Aparat pemerintah desa (Pemdes) kembali diingatkan tidak main – main dengan pengelolaan dana desa (Dandes) dan Alokasi Dana Desa (ADD). Begitu juga dengan pembangunan fisik tidak lagi dibangun asal jadi.

Selain itu, untuk mencegah terjadinya penyimpangan sistem pengawasan perlu ditingkatkan dan diperketat sehingga pengelolaan anggarannya menjadi tepat sasaran.

“Sangadi dan seluruh perangkat desa jangan asal jadi menggunakan anggaran desa yang tidak sesuai peruntukannya, terutama tidak sesuai dengan dokumen Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APB-Des). Karena konsekuensinya fatal bahkan bisa berujung ke ranah hukum,” tandas Sukri Mararo, pemerhati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Kepada Indo Post, Mararo mengatakan kalau pengelolaan Dandes dan ADD telah menyita perhatian kejaksaan dan kepolisian, seiring adanya indikasi penyalahgunaan anggaran.

Bupati Bolmut Drs Hi Depri Pontoh yang ditemui terpisah meminta seluruh sangadi untuk menghindari intervensi dari pihak-pihak lain yang terkesan ingin mengatur pengelolaan Dandes dan ADD.

“Jika ada yang demikian, jangan menyesal jika di kemudian hari hal tersebut menjadi temuan karena bermasalah. Sudah cukup banyak contoh hanya karena kebijakan dan intervensi yang tidak sesuai dengan aturan, akhirnya masalah tersebut berujung pada pidana,” katanya mengingatkan.

Meski begitu bupati berharap para sangadi tidak kaku namun terus berkoordinasi dengan instansi-instansi teknis terkait. Dengan demikian diyakini semua program bisa berjalan dengan baik dan terhindar dari tumpang tindih pelaksanaan, baik antara program pemerintah kabupaten (Pemkab) dan Pemdes. (pju)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional