Menu

OPD Bolmut Diminta Kreatif Mengolah SDA

  Dibaca : 39 kali
OPD Bolmut Diminta Kreatif Mengolah SDA

BOROKO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) konsiten mengenjot pundi-pundi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Meski belum seluruh sektor berpotensi menghasilkan, namun pemerintah optimis tahun ini PAD Bolmut akan lebih baik.

Dikatakan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKD) Bolmut Sirajudin Lasena SE MEc DEv, sejumlah item retribusi dan pajak daerah, seperti retribusi restoran, rumah makan, hotel, penginapan, kos-kosan dan galian C, terus memperlihatkan perkembangan.

Khusus retribusi restoran dan rumah makan tetap menggunakan sistem bilt, dimana pajaknya ditarik dari pelanggan lewat harga makanan yang dijual. Sedangkan untuk hotel, restoran dan Kos-kosan, retribusi ditagih oleh petugas dari BPKD.

“Sejauh ini, item-item usaha yang saya sebutkan tadi adalah juga yang paling potensial menunjang PAD, selain Pajak Bumi Bangunan (PBB) dan pajak reklame. Untuk itu kami pun terus berupaya mengoptimalkan penyerapannya,” sebut Lasena.

Pemerhati Rusmin Mokodompis mengatakan, salah satu upaya yang harus dilakukan OPD untuk menunjang PAD, bagaimana mengolah Sumber Daya Alam (SDA). Mereka berharap, SDA yang melimpah di Bolmut dapat menunjang upaya pemerintah daerah untuk mewujudkan visi dan misi bupati-wakil bupati, yang salah satu itemnya memuat adalah unggul dalam berbagai bidang.

“Seharusnya segenap SKPD bekerja maksimal untuk menunjang upaya bapak bupati dan wakil bupati untuk membuat kabupaten ini unggul dari daerah-daerah lainnya di Bolaang Mongondow Raya (BMR),” ujar Mokodompis. (pju)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional