Menu

Keren, Pakaian Adat Minahasa Dikenakan Kepala Badan Litbang Kemendagri di Upacara Peringatan HUT RI

  Dibaca : 71 kali
Keren, Pakaian Adat Minahasa Dikenakan Kepala Badan Litbang Kemendagri di Upacara Peringatan HUT RI

IPJAKARTA — Meski peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 tahun ini dilaksanakan tidak seperti biasanya, namun warga Sulut secara khusus etnis Minahasa boleh berbangga.

Pasalnya, pakaian adat Minahasa ikut dilibatkan memperingati hajatan nasional yang penuh historis ini.

Adalah Kepala Badan Litbang Kemendagri, Dr Drs A Fatoni MSi, yang mengenakan pakaian bercorak hitam dengan perpaduan warna keemasan yang melambangkan makna prinsip hidup masyarakat Minahasa ini.

“Ini merupakan bukti keberagaman adat serta budaya negeri ini, yang sudah barang tentu wajib kita jaga dan lestarikan sebagai warisan nenek moyang kita sekaligus menjadi salah satu identitas kita bangsa Indonesia,” ungkap Fatoni, yang pernah menjabat sebagai Pjs. Gubernur Sulut ini.

Di satu sisi, ia juga berharap dengan ditampilkannya pakaian adat dalam upacara ini, masyarakat Indonesia dapat lebih mengenal kekayaan budaya bangsa.

“Sekali lagi saya ajak kita semua untuk menjaga kelestarian keragaman serta kekayaan adat serta budaya kita,” kuncinya.

Sekadar diketahui, di upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI di lingkungan Kementerian Dalam Negeri ini, Mendagri mengenakan pakaian adat Provinsi Sumatera Selatan, Aesan Paksangko.

***ein

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional