Menu

Kadin Sulut Apresiasi Gubernur

  Dibaca : 104 kali
Kadin Sulut Apresiasi Gubernur
Hangky Arter Gerungan

Golkan 1 Triliun untuk Stimulus Ekonomi

MANADO — Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulut Hangky Arter Gerungan (HAG) memberi apresiasi kepada Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw atas masuknya dana Rp 1 triliun ke Sulut. Dana sebesar itu sangat bermanfaat untuk memulihkan ekonomi Sulut yang turut terdampak COVID-19.

“Ini prestasi yang luar biasa bagi Sulut. Berkat lobi Pak Gubernur sehingga Sulut menjadi salah satu daerah yang dapat dana pusat untuk stimulus ekonomi,” kata Gerungan.

Menurutnya, pengelola dana jumbo tersebut harus selektif menyalurkannya. Sebab, bila tak tepat sasaran dikhawatirkan dananya akan jadi mubazir.

“Dananya tidak kecil. Makanya, pilih penerima yang layak menerimanya. Bagi saya, prioritaskan sektor pertanian karena itu yang mampu menjaga ketahanan ekonomi daerah di saat pandemi COVID-19 memukul semua sendi kehidupan,” ujar HAG.

Alasan lain kenapa memprioritaskan sektor pertanian, sambung Gerungan, karena sektor tersebut dominan dilakoni oleh masyarakat Sulut. Hanya saja, pemilihan sub sektornya butuh kejelian.

“Saya lihat paling pas untuk tanaman pangan dan hortikultura. Kalau tanaman perkebunan, di pasaran harganya belum begitu menguntungkan untuk petani,” katanya.

Selain pertanian, UMKM juga harus dibantu karena banyak masyarakat yang terdampak melakoni berbagai usaha ekonomi di tataran usaha mikro dan kecil. “Apalagi sudah banyak karyawan yang dirumahkan dan di-PHK sudah beralih ke berbagai usaha mikro. Ini harus dicermati. Bantu mereka,” tambahnya.

Kata Gerungan, dengan membantu sektor unggulan—yang bertahan di masa pendemi ini—banyak sektor lain yang terbantu terus bergerak menghidupi pelaku usahanya.

“Seperti usaha makan dan minum, yang banyak dilakoni pengusaha mikro kecil, menghidupi para pelaku ojek online di sektor transportasi. Mereka-mereka ini juga perlu suntikan dana stimulus itu,” imbuhnya.

Katanya juga, Kadin Sulut siap membantu pemerintah daerah dan Bank SulutGo untuk mengoptimalkan dana stimulus ekonomi yang berasal dari pemerintah pusat tersebut. Sebab, Sulut merupakan satu di antara dua provinsi di luar Jawa—satunya Bali—yang mendapatkan dana tersebut merupakan prestasi dan kepercayaan besar dari pemerintah pusat.

“Harus diakui bahwa ini merupakan buah dari kemampuan lobi pimpinan daerah kita, Pak Gubernur. Kami percaya pusat percaya karena memang Sulut mampu melaksanakannya. Buktinya nyata adalah pertumbuhan ekonomi Sulut setelah pandemi ini masih 4,2 persen, padahal daerah lain sudah minus,” imbuhnya.(baz)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional