Menu

Pendaftaran Cabup dan Cawabup Boltim 4-6 September

  Dibaca : 68 kali
Pendaftaran Cabup dan Cawabup Boltim 4-6 September
KOORDINASI: Rakor dan Sosialisasi yang digelar di Hotel Sutan Raja Kotamobagu. (ist)

BOLTIM—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar Rapat Koordinasi  (Rakor) dan Sosialisasi tentang persyaratan pencalonan dan syarat calon dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) tahun 2020, Sabtu (8/8) pekan lalu di Hotel Sutan Raja Kotamobagu.

Rakor dan sosialisasi tersebut KPU Boltim menghadirkan narasumber Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh dan Ketua Divisi Teknis Yessy Momongan. Ketua KPU Boltim Jamal Rahman Iroth mengatakan dalam waktu dengan pihaknya akan mengumumkan syarat pendaftaran bagi pasangan calon Bupati dan Wabup. “Hal ini dilakukan karena pada tanggal 28 Agustus mendatang KPU akan mengumumkan kepada publik terkait syarat- syarat calon dan syarat pencalonan Bupati dan Wabup Boltim 2020,”kata Jamal.

Sementara itu, Ketua Divisi Teknis KPU Boltim Kader Bachmid menyampaikan pendaftaran calon Bupati dan Wabup akan dimulai pada tanggal 4 sampai 6 September. “Pada tanggal tersebut adalah pendaftaran buat calon Bupati dan Wabup termasuk pendaftaran calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut sehingga mereka butuh syarat-syarat administrasi.Maka,pihak terkait hari ini kita undang untuk mengadakan koordinasi,”terang Bachmid.

Terpisah Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh menjelaskan,ada dua mekanisme yang bisa ditempuh dalam syarat pendaftaran. Pertama,terkait jumlah dukungan kursi yang dimiliki partai pengusung minimal 20 persen. Dan kedua, syarat administrasi bagi pasangan calon,”Melalui rakor dan sosialisasi ini,saya berharap bisa memahami syarat dari pencalonan,” jelas Mewoh.

Dikesempatan yang sama Ketua Divisi Teknis KPU Sulut Yessy Momongan mengatakan yang perlu diperhatikan oleh pasangan calon sebelum mendaftar di KPU selain syarat dukungan partai juga syarat administrasi harus dipenuhi. Di antaranya, SK pasangan calon atau formulir BB1 KWK yang ditandatangani oleh Ketua Umum partai dan Sekjen, SKCK dari kepolisian, surat bebas narkoba dari pengadilan setempat, ijazah dan persyaratan lainnya. “Ini tugas LO, jadi sebelum mendaftarkan calon ke KPU pastikan dulu semua persyaratan lengkap,” tambah Momongan.

Hadir dalam Rakor dan Sosialisasi tersebut,Asisten 1 Pemkab Boltim, Priyamos, Kapolres Boltim Irham Halid,Dandim, Pimpinan dan pengurus partai,Ketua Bawaslu Boltim Harmoko Mando,Kepala Badan Kesbangpol Udel Simbala,Kadis Kesehatan Eko Marsidi,Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Yusri Damopolii,Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Boltim dan Sekretaris KPU Boltim Arfan Palima.(mel)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional