Menu

Linu Dibekali Penyusunan Tertulis Hadapi Sidang PHP

  Dibaca : 15 kali
Linu Dibekali Penyusunan Tertulis Hadapi Sidang PHP
MATANGKAN: Bimtek penyusunan keterangan tertulis dalam persiapan menghadapi sidang perselisihan hasil pemilihan (PHP), di Hotel Aone Hotel Jakarta.

TOMOHON – Koordinator Divisi Hukum badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) Kota Tomohon Steffen Linu SS MAP mengikuti bimbingan teknis penyusunan  keterangan tertulis dalam persiapan menghadapi sidang perselisihan hasil pemilihan (PHP) Angkatan I tahun 2020.

Bimtek yang dilaksanakan di Hotel Aone Hotel Jakarta 21-22 Oktober diikuti oleh Koordinator divisi Hukum Bawaslu Provinsi dan Kab/Kota se-Sulut dan Sulawesi Selatan. Linu menjelaskan, dalam Bimtek tersebut mendapat pembekalan terkait teknik penyusunan keterangan dalam Sidang PHP di Mahkamah Konstitusi.

“Langsung dipraktekan penulisan keterangan dan penyampian penyampaian keterangan berdasarkan Perbawaslu 22/2018 tentang Tata Cara Pemberiam Keterangan Dalam Perselisihan di Mahkamah Konstitusi,” jelas Linu.

Selain itu, kata Linu diperdalam Peraturan Mahkamah Konstitusi 5/ 2020 tentang Tata Beracara dalam Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota serta Peraturan Mahkamah Konstitusi  4/ 2020 Tentang Tahapan, Kegiatan dan Jadwal Penanganan Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.

“Pada praktek penyampaian keterangan tertulis mewakili Bawaslu Provinsi sebagai Majelis adalah Koordiv Hukum Bawaslu Sulut Supriyadi Pangellu  SH.MH dan Koordiv Hukum Bawaslu Sulawesi Selatan Dr Adnan. Sebagai Bawaslu pemberi keterangan diwakili oleh Koordinator divisi Hukum Bawaslu Kota Tomohon Steffen Linu, Koordinator divisi Hukum Bawaslu Minahasa Erwin Sumampouw, dan Koordiv Hukum Bawaslu Minut Rocky Ambar,” ujar Linu.

Proses Pemberian Keterangan, lanjut Linu suasana simulasi seperti pada Sidang PHP di MK, dimana majelis secara komprehensif dan detail memberikan Pertanyaan terkait Keterangan yang diberikan sebagaimana terdapat dalam keterangan tertulis.

“Hasil yg kami peroleh sangat komprehensif khususnya dalam metode dan tata cara penulisan dalam pemberian keterangan yaitu Penulisan Berdasarkan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI),” kunci Linu.(elk)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional