Menu

Inspektorat Sulut Dinilai Ragukan Kinerja BPK

  Dibaca : 39 kali
Inspektorat Sulut Dinilai Ragukan Kinerja BPK
Roby Sangkoy

AMURANG – Kebijakan Kepala Inspektorat Sulawesi Utara (Sulut) Mecky Onibala menerbitkan Surat Perintah Tugas (SPT) untuk pemeriksaan kembali pengelolaan keuangan daerah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) 2019, menimbulkan kebingungan di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Pasalnya menurut mereka pemeriksaan pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2019, telah dilakukan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sulut.

Tak mengherankan jika mereka pun menilai penerbitan SPT tersebut merupakan bentuk ketidak percayaan inspektorat Sulut terhadap hasil kinerja BPK. Apalagi kata sejumlah ASN, BPK telah menerbitkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), sehingga sangat rancu karena terkesan dipaksakan.

Sorotan serupa juga dilontarkan anggota legislator Roby Sangkoy. Menurut politisi senior Partai golongan karya (Golkar) itu, penerbitan SPT diibaratkan menampar muka sendiri.

“Sebelum BPK turun sudah didahului dengan pengawasan dan pemeriksaan inspektorat provinsi dan Inspektorat kabupaten/kota. Yang menjadi pertanyaan, ada apa dengan kinerja Inspektorat Sulut saat melakukan monitoring dan evaluasi APBD Minsel tahun 2019 lalu,” ujar Rosa, sapaan akrab Sangkoy.

Ironisnya, Kepala Inspektorat Sulut yang juga pejabat sementara (Pjs) Bupati Minsel, saat dikonfirmasi wartawan terkesan menghindar. Onibala melalui whatsapp miliknya menuliskan, ‘join audit oleh inspektorat provinsi dan inspektorat Kabupaten Minsel.

“Lebih jelasnya, silahkan tanyakan langsung kepada kepala inspektorat Kabupaten Minsel,” tulis Onibala. (jem)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional