Menu

Iuran Jamkesmas Lunas Hingga Desember

  Dibaca : 18 kali
Iuran Jamkesmas Lunas Hingga Desember
Harold Lolowang

BPJS Kesehatan Apresiasi Pemkot Tomohon

TOMOHON – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Tondano memberikan apresiasi kepada pemerintah kota (Pemkot) Tomohon atas komitmen membayar lunas iuran peserta jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas), hingga Desember mendatang.

Bahkan, dari sembilan kabupaten/kota di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Tondano, baru Pemkot Tomohon yang melunasi iuran sampai dengan Desember 2020. Dasar itulah yang menjadi ancungan jempol terhadap kepemimpinan Walikota Jimmy Feidie Eman SE Ak CA.

“Kami sangat apresiasi Pemerintah Kota Tomohon, karena paling komitmen membayar iuran. Bahkan di tahun-tahun sebelumnya tidak ada tunggakan sama sekali,” ungkap Kepala BPJS Cabang Tondano, Efran Chandra Nugraha.

Dikatakan Nugraha, komitmen Pemkot Tomohon untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat patut dicontoh kabupaten/kota lain, karena tujuannya semata – mata untuk kesejahteraan masyarakat.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Ir Harold Lolowang MSc mengatakan, pembayaran iuran BPJS Kesehatan menjadi komitmen Walikota Tomohon.  Menurut dia, Pemkot Tomohon memiliki keinginan yang sama dengan masyarakat untuk mewujudkan universal health coverage (UHC).

“Tujuannya agar masyarakat Tomohon bisa memiliki akses terhadap layanan kesehatan. Saya berharap masyarakat Tomohon bisa memanfaatkan fasilitas kesehatan yang sudah dibayar lunas pemkot,” katanya.

Sementara Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Tomohon, Drs Gerardus Mogi menjelaskan, iuran pembayaran peserta Jamkesmas 2020 berjumlah Rp 13, 600 miliar. Namun yang digunakan hanya Rp 10 miliar lebih untuk mengcover 27 ribu jiwa.

“Awalnya anggaran yang disiapkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020 berjumlah 13 miliar lebih. Untuk sisanya akan dikembalikan ke kas daerah,” kunci mantan kepala dinas (Kadis) Pariwisata itu. (elk)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional