Menu

Tahun Ini BPN Terbitkan 3.150 Sertifikat Gratis

  Dibaca : 30 kali
Tahun Ini BPN Terbitkan 3.150 Sertifikat Gratis
Eni Sulastri Darmatanti

BOROKO – Tahun ini Kantor Agraria Penataan Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), menargetkan 3.150 bidang tanah bersertifikat bagi masyarakat tanpa ada pungutan biaya alias gratis.

Hal itu disampaikan kepala Kantor ATR/BPN Bolmut, Eni Sulastri Darmatanti, kepada wartawan. Menurutnya, penerbitan sertifikat gratis melalui program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) yang nantinya akan dibagi di 13 desa dan di tiga kecamatan, masing-masing Kecamatan Pinogaluman, Kaidipang dan Bolangitan Barat.

“Sebelumnya program pemerintah ini di beri nama Proyek nasional (Prona). Sedangkan  untuk tahun 2021 telah di ubah menjadi PTSL,” kata Sulastri.

Lebih jauh dirinya menerangkan, untuk program PRONA, sistemnya hanya bersifat bagi masyarakat yang menginginkan ikut serta. Sedangkan PTSL, yakni seluruh bidang tanah yang ada di suatu desa akan di data oleh BPN, sehingga menjadi satu kesimpulan peta desa lengkap.

“Dari sinilah akan kita verifikasi mana bidang tanah masyarakat yang tidak bermasalah dan mana yang bermasalah. Kalau tidak bermasalah langsung kita terbitkan sertifikatnya berdasarkan kelengkapan berkas pemohon,” katanya.

Sedangkan yang bermasalah akan masukan pada kategori dua bahkan Kategori tiga, sampai persoalan sengketanya memiliki penetapan hukum tetap, baru bisa kita terbitkan sertifikatnya,” ujar dia. (pju)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional