Menu

Pelantikan Bupati dan Wabup Bolsel Terpilih Masih Tunggu SE Kemendagri

  Dibaca : 87 kali
Pelantikan Bupati dan Wabup Bolsel Terpilih Masih Tunggu SE Kemendagri
Ramli Majid

Ramli: Kita Masih Mengacu Pada Jadwal Tahapan

BOLSEL–Sesuai tahapan, pelantikan Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Bolsel terpilih, hasil Pilkada serentak 2020, dijadwalkan digelar 17 Februari. Meski demikian pemerintah setempat masih menunggu surat edaran (SE) resmi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Hal itu diungkapkan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra)Bolsel Ramli Majid.
“Belum ada perubahan. Sampai hari ini (kemarin,red) kita masih mengacu padajadwal sesuai tahapan karena kita belum mendapat penegasan dari Kemendagri,” kata Ramli dikonfirmasi melalui telepon genggam, Minggu (14/2/21).
Ditanya terkait prosesi pelantikan dilaksanakan tatap muka seperti sebelumnya atau secara virtual, Ramli mengaku belum bisa memberikan kepastian.“Kita belum mendapat informasi terkait lokasi dan prosesi pelantikan. Insaa Allah esok (hari ini,red) kita sudah mendapat kepastian melalui surat edaran Kemendagri,” kata Ramli.
Menurutnya, Pemkab Bolsel menyesuaikan dengan keputusan Kemendagri. “Intinya, untuk persiapan sudah matang. Kita tinggal menunggu keputusan Kemendagri,”. Hal serupa disampaikan Kepala TUP Bolsel Saiful Botutihe. “Lahir batin sudah siap. Karena belum mendapat kepastian resmi, kita masih mengacu sesuai tahapan pelantikan dilaksanakan 17 Februari,” kata Saiful.
Sementara itu, Kabag Tata Pemerintahan (Tapem) Imran Mamonto melalui Kasubag Kerjasama dan Otonomi Daerah Indra Jaya Mokoagow mengungkapkan, kemungkinan pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih pada Pilkada 2020, tidak dilaksanakan secara tetap muka. “Kemungkinan besar pelantikan dilaksanakan secara virtual untuk menghindari kerumunan sebagai upaya pencegahan Covid-19. Tapi ini baru informasi awal. Finalnya, kita menunggu edaran resmi dari Kemendagri,” ungkap Indra.
Sekadar diketahui, Kamis 21 Januari 2021, KPUD Bolsel menggelar rapat Pleno terbuka penetapan pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) terpilih, hasil pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020. Berdasarkan berita acara nomor: 02/PL.02.7-BA/7111/Kab/I/2021, sudah ditandatangani semua komisioner KPU Bolsel. Lampiran berita acara, telah sesuai keputusan KPU Bolsel bernomor : 413/PL.02.6-Kpt/7111/XII/2020 tentang penetapan hasil rekapitulasi penghitungan suara pemilihan Bupati danWakil Bupati Bolsel yang sudah sesuai hasil penghitungan suara tiap kecamatan. “Dalam surat Model-D hasil Kabupaten/Kota-KWK,memutuskan Paslon Bupati dan Wakil Bupati peraih suara terbanyak. Yakni, pasangan Hi Iskandar Kamaru dan Deddy Abdul Hamid dengan perolehan 33.120 suara,” kata Ketua KPU Bolsel Eskolano Kakunsi dalam konferensi pers, usai pleno penetapan. (lel)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional