Menu

Miris, Ada Oknum Kapitalau di Sitaro Enggan Salurkan Bantuan COVID

  Dibaca : 143 kali
Miris, Ada Oknum Kapitalau di Sitaro Enggan Salurkan Bantuan COVID

IPSITARO — Kabar kurang sedap kembali mencuat terkait pelayanan publik di tingkat desa.

Betapa tidak, mencuat kabar ada oknum Kapitalau (baca: Kepala Desa) di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), tepatnya di Kecamatan Siau Barat Utara, enggan menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (Dandes).

Sikap oknum Kapitalau ini sangat disayangkan sejumlah kalangan pasalnya telah bertentangan dengan apa yang kerap kali digaung-gaungkan pimpinan daerah yakni pelayanan publik yang maksimal tanpa pilih kasih.

Ketua Komisi I DPRD Sitaro, Evenson Liempepas, ikut menyayangkan hal ini.

“Jika kabar ini benar, tentunya sangat disayangkan. Ini jelas tidak manusiawi dan sudah melenceng jauh dari budaya kita orang Sitaro yang masih dikenal sangat menjunjung tinggi rasa kekeluargaan,” ungkap Liempepas.

Apalagi, sambung dia, di masa pandemik seperti saat ini, di mana hampir semua komponen masyarakat sedang dihimpit masalah ekonomi, seharusnya, hal ini tidak terjadi.

“Toh, yang disalurkan itu juga bukan uang pribadi kapitalau tapi uang negara yang bersumber dari pajak yang dibayarkan oleh masyarakat,” sindir politisi NasDem ini.

Hal lain yang bikin kesal politisi yang akrab disapa Hok ini yakni adanya kabar bahwa BLT juga mengalir ke kantong Majelis Tua-tua Kampung (MTK) yang secara aturan tidak dibenarkan.

“Mereka (MTK) sudah terima gaji yang bersumber dari kas negara, sudah barang tentu tidak boleh lagi terima BLT. Ini jelas diatur oleh undang-undang. Oleh sebab itu, apa yang dilakukan Kapitalau jelas melanggar aturan,” urainya sembari mengimbau para Kapitalau memperbanyak referensi soal penyaluran bantuan serta hal-hal yang berhubungan dengan Tupoksi.

Sementara itu, terkait BLT yang belum disalurkan, ia mendesak agar segera dibagikan.

“Untuk apa ditahan-tahan? Salurkan saja, karena itu hak mereka (penerima, red),” tegasnya sembari mengingatkan para Kapitalau tidak main-main dengan Bansos.

***Gustap Pansing

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional