Menu

Sangadi Talaga Sampaikan LKPPD Tahun 2019-2020

  Dibaca : 74 kali
Sangadi Talaga Sampaikan LKPPD Tahun 2019-2020

Transparansi Pengelolaan Anggaran Desa

BOROKO–Dalam rangka transparansi pengelolaan anggaran desa, Kepala Desa Talaga Kecamatan Bolangitan Barat Talha Mokoalung SP, menyampaikan, Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LKPPD) tahun 2019-2020, kepada Badan  Permusyawaratan Desa (BPD), di Aula Kantor Desa Talaga.

Hal ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa Pasal 28 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2016 Tentang Laporan Kepala Desa Pasal 8, dimana Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Akhir Tahun Anggaran disampaikan oleh kepala desa kepada BPD secara tertulis setelah berakhirnya tahun anggaran.

Kepala Desa Talaga, Talha Mokoalung SP mengatakan, kegiatan ini merupakan suatu kegiatan yang wajib dilakukan oleh Kepala Desa  atas apa yang telah dilaksanakannya selama kurun waktu satu tahun. “Adapun kewajiban yang disampaikan kepala desa kepada BPD  yaitu, Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan, Bidang Pelaksanaan Pembangunan, Bidang Pembinaan Kemasyarakatan dan Bidang Pemberdayaan,” terang Talha.

Dikatakannya juga, laporan keterangan pertanggung jawaban merupakan bentuk  pertanggungjawaban  penyelenggaraan pemerintahan  Desa, yang telah dilaksanakan  oleh  Kepala Desa, sesuai  dengan dokumen RPJMDes yang memuat Visi misi Kepala Desa terpilih dan masukan serta gagasan warga masyarakat yang ditampung oleh lembaga desa dan lebih terperinci  tertuang dalam Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPD). “Penyelenggaraan  pemerintahan  desa kepada  masyarakat,  menegaskan bahwa LKPPD  Kepala Desa sekurang-kurangnya  berisi penjelasan mengenai arah kebijakan umum Pemerintahan Desa, pengelolaan keuangan desa secara makro, termasuk  pendapatan dan belanja desa, bidang penyelenggaraan pemerintahan, bidang pelaksanaan pembangunan, bidang pembinaan kemasyarakatan dan bidang pemberdayaan masyarakat,” sebutnya.

Untuk itu lanjut Talha, dengan berakhirnya tahun anggaran, bersama ini kami sampaikan pelaksanaan kegiatan Penyelenggaraan Pemerintah Desa Talaga, Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Akhir Tahun Anggaran 2019-2020, untuk selanjutnya sebagai bahan evaluasi sebagaimana dimaksud pada bupati menetapkan kebijakan baik berupa pembinaan maupun pengawasan sesuai ketentuan Peraturan Perundang-Undangan. Kebijakan sebagaimana dimaksud antara lain catatan kinerja dan prestasi kepala desa, program dan potensi desa yang perlu dikembangkan, dan hal-hal yang perlu disempurnakan. “Memang untuk pelaporannya terdapat dua laporan pertanggungjawaban yakni 2019 dan 2020. Hal ini disebabkan terjadinya pendemic wabah Corona di tahun 2019 hingga saat ini, sehingga banyak berbaikan- perbaikan yang harus kita buat dalam laporan tersebut di karenakan ada beberapa program yang harus kita ubah dalam rangka memutus mata rantai Virus Corona di Kabupaten Bolmut, terlebih khusus Desa Talaga,” tutup Talha.

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Bolangitan Barat atau yang mewakili, anggota BPD, Perangkat Desa Talaga, PKK, Kader Posyandu Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat.(pju)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional