Menu

Lewat Lomba Bertutur, Pemkab Bolmut Siapkan Generasi Mumpuni

  Dibaca : 44 kali
Lewat Lomba Bertutur, Pemkab Bolmut Siapkan Generasi Mumpuni
Asripan Nani

BOROKO – Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Dr Hi Asripan Nani MSi, membuka lomba bertutur tingkat Sekolah Dasar (SD) 2021, di salah satu rumah makan, di Desa Kuala Utara, Kecamatan Kaidipang.

Asripan mengapresiasi dan menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan, dengan harapan dapat menumbuhkan kegemaran membaca di kalangan anak sekolah dasar, serta kecintaan terhadap budaya daerah dalam kraktivitas dan inovasi generasi muda.

“Bangsa yang besar adalah yang generasi penerusnya mempunyai karakter yang dibentuk melalui pola pendidikan, baik pendidikan formal maupun pendidikan non formal, yang mengacu pada pembelajaran, peningkatan moral dan intelektual, ketrampilan serta kreativitas dengan melibatkan peranan keluarga sekolah maupun masyarakat dalam upaya menumbuh kembangkan keragaman baca anak sejak dini.

Menurutnya, Undang – Undang Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan menyebutkan, upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pembudayaan kegemaran membaca dapat dilakukan melalui tiga jalur.

Pertama melalui keluarga yang difasilitasi pemerintah dan pemerintahan daerah melalui buku murah dan berkualitas. Kedua melalui satuan pendidikan dengan mengembangkan dan memanfaatkan perpustakaan sebagai proses pembelajaraan. Ketiga melalui masyarakat, yaitu dengan penyediaan sarana perpustakaan di tempat umum yang mudah dijangkau, murah dan bermutu.

Lebih lanjut dikatakan, lomba bertutur merupakan salah satu upaya untuk pengembagan dan pembudayaan kegemaran membaca dan menulis di lingkup sekolah, dan bertujuaan untuk menumbuh kembangkan minat dan kegemaran membaca, melalui berbagi bacaan dan media.

“Cara-cara seperti ini tujuannya untuk menanamkan cinta kebudayaan bangsa, persatuan dan kesatuan, menarik minat baca anak terhadap buku buku cerita budaya daerah (local-red), menumbuhkan kecintaan akan budaya nasional,” ujar Nani.

Dikatakan, salah satu upaya yang dilakukan pemerintah daerah, yaitu melalui lomba bertutur di kalangan anak anak, sehingga pada gilirannya nanti akan memiliki generasi penerus bangsa yang cerdas kuat serta bermartabat.

“Untuk itu perlu adanya upaya yang dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan dalam menumbuhkan dan mengembangkan kegemaran membaca secara serentak dan terpadu, dengan melibatkan pemerintah daerah dan seluruh pemangku kepentingan termasuk masyarakat,” tutur Asripan.

Untuk itu, disampaikan anak anakku siswa/siswi, selamat berlomba secara sportif, berikanlah prestasi yang terbaik bagi sekolah masing masing terlebih khusus bagi diri sendiri, jangan jadikan kegiatan ini semata mata hanya untuk meraih hadiah, akan tetapi bangun persahabatan dan keakraban di antara peserta.

“Mari bersama sama kita bangun daerah kita dengan rasa cinta terhadap seni budaya, adat istiadat, tradisi yang telah menjadi kebanggaan daerah ini,” pungkas dia.

Hadir pada kegiatan itu, Asisten Administrasi Umum Uteng Datunsolang SPd MSi, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Muhidin Gumohung SIP, Sekretaris Pendidikan dan Kebudayaan, perwakilan camat, kepala – kepala SD, orang tua, guru dan para siswa. (pju)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional